Dampak Abu Vulkanik Gunung Ruang, Operasional Bandara Sam Ratulangi Ditutup Sementara

oleh
Tampak salah satu pesawat yang tak bisa terbang karena terdampak abu vulkanik dari Erupsi Gunung Ruang. (FOTO: istimewa)

MANADO – Operasional Bandara Sam Ratulangi Manado kembali ditutup sementara dampak dari erupsi Gunung Ruang di Kabupaten Kepulauan Sitaro, pada Selasa (30/4/2024) dini hari.

“Operasional Bandara Internasional Sam Ratulangi Manado ditutup sementara hingga pukul 12.00 WITA besok, Rabu (1/5/2024) sesuai dengan NOTAM yang dikeluarkan nomor : A1148/24 NOTAM A1144/24,” ucap General Manager Bandara Sam Ratulangi Manado, Maya Damayanti.

Dikatakannya, sebelum penutupan sementara ini telah ada 2 penerbangan yang sempat berangkat ke Denpasar dan ke Makassar yaitu maskapai Transnusa tujuan Denpasar dengan total 45 penumpang dan penerbangan Lion Air tujuan Makassar dengan total 104 penumpang.

“Sempat juga ada 3 pesawat yang mendarat yaitu pesawat Citilink, Batik dan Trigana Kargo dengan total 342 penumpang,” ucap Maya.

Dirinya saat ini Bandara sudah ditutupi dengan abu vulkanik dari erupsi Gunung Ruang. Keadaan ini mengharuskan pihak bandara untuk tidak melakukan penerbangan.

“Kami berharap penumpang bisa memaklumi atas bencana dampak erupsi Gunung Ruang ini dan para calon penumpang  bisa menghubungi maskapai penerbangan masing masing untuk reschedule atau refund tiketnya,” sebut Maya. 

Diketahui, Gunung Ruang kini naik status menjadi Level IV (AWAS) sesuai informasi yang disampaikan PVMBG (Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi). (Fernando Rumetor)