Rapat dengan Forkopimda, Poluan Paparkan Kesiapan KPU Sulut dalam Penyelenggaraan Pilgub 2024

oleh
Suasana rapat KPU Sulut bersama Pemprov Sulut dan Jajaran Forkopimda pada Selasa (3/6/2024). (FOTO: istimewa)

MANADO – Ketua Komisi Pemilihan Umum Provinsi Sulawesi Utara (KPU Sulut), Kenly Poluan  menyampaikan kesiapan KPU Sulut pada proses penyelenggaraan Tahapan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur dalam rapat bersama Pemerintah Provinsi dan Jajaran Forkopimda Sulut, Senin (3/6/2024).

Dalam kesempatan itu, Ketua KPU Sulut Kenly Poluan menyampaikan terima kasih atas dukungan dari Pemprov Sulut maupun jajaran Forkopimda Sulut terhadap pelaksanaan Pemilu 2024 yang saat ini prosesnya masih sementara berlangsung di Mahkamah Konstitusi.

“Adapun perkembangan dari segi pembiayaan dan pendanaan sudah sesuai dengan NPHD yang telah disepakati baik di Provinsi maupun di 15 kab/kota,” sebut Kenly.

“Selain itu untuk pelaksanaan teknis saat ini sedang berlangsung adalah verifikasi calon perseorangan di dua kabupaten/kota yaitu Kota Tomohon dan Kabupaten Talaud,” beber Poluan. 

KPU pun, kata dia, telah melantik badan adhoc PPK dan PPS dan tengah mempersiapkan perekrutan Panitia Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP).

Sementara itu, Wakil Gubernur Sulut Steven Kandouw dalam sambutannya menyampaikan bahwa tujuan diselenggarakannya rapat ini ialah memastikan penyelenggaraan demokrasi di Sulawesi Utara ini berjalan luber dan jurdil.

“Karena hal itu menjadi tanggung jawab kita bersama sehingga saya mengajak kita semua hadir disini untuk meningkatkan sinergitas dan koordinasi sesuai dengan tupoksinya masing-masing dalam menyukseskan agenda besar Pemilihan umum kepala daerah tahun 2024,” ucap Kandouw.

Ia pun berharap semua pihak dapat mendukung teman teman KPU dan Bawaslu sebagai penyelenggara pemilihan kepala daerah (Pilkada) agar tugas mereka dapat berjalan dengan lancar.

“Selain itu mari bekerjasama mendorong masyarakat untuk sama-sama mensukseskan pemilihan kepala daerah ini karena agenda demokrasi ini bukan hanya milik KPU saja tetapi milik semua masyarakat Sulawesi utara,” bebernya.

“Tidak lupa juga kepada KPU Sulut agar pendataan daftar pemilih bagi warga pengungsi dampak Gunung Ruang yang sekarang ada di Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan terus dikoordinasikan kepada pihak terkait,” sebut Kandouw.

Rapat dilanjutkan dengan penyampaian dari seluruh peserta yang dipimpin oleh Sekretaris Provinsi Steve Kepel yang juga dihadiri Sekretaris Daerah dari 15 Kabupaten Kota Asisten I, dan III Pemprov Sulut serta Plt. Sekretaris KPU Sulut Meidy Malonda. (Fernando Rumetor)

No More Posts Available.

No more pages to load.