Awal Tahun, Wali Kota dan Wawali Tomohon Bongkar Kabinet

oleh
Pelantikan pejabat di lingkungan Pemkot Tomohon oleh Wawali Syerly Adelyne Sompotan.(nando koran sindo manado)

 

Pelantikan pejabat di lingkungan Pemkot Tomohon oleh Wawali Syerly Adelyne Sompotan.(nando koran sindo manado)

TOMOHON – Awal kerja tahun 2018 di lingkungan Pemerintah Kota Tomohon, Wali kota Tomohon Jimmy Feidie Eman (JFE) dan Wakil Wali kota Syerly Adelyn Sompotan (SAS) melakukan perombakkan kabinet serta pelantikan sejumlah jabatan mulai esalon II, III dan IV yang dilaksanakan di rumah dinas Wali kota, kemarin.
Tercatat ada 72 aparatur sipil negara (ASN) yang menempati jabatan  pimpinan tinggi pratama, administrator dan pengawas yang dilantik  Wawali SAS berdasarkan Surat Keputusan (SK) Walikota JFE.
Dalam jabatan esalon II (dua) terjadi rotasi pejabat antara lain mulai dari jabatan asisten, kepala dinas dan kepala badan termasuk staf ahli Pada jabatan asisten I di jabat Max Mentu, asisten II  Octavianus Mandagi dan asisten III di jabat Corry Caroles.
Sedangkan untuk kepala dinas badan yang dilantik antara lain Kepala Kesatuan Bangsa (Kesbang) Theodorus Paat, Kepala Dinas Pemuda Olahraga (Dispora) Jusak Toar Pandeiroth, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Novie Politon SE dan Kepala Dinas Pangan (DP) Lily Solang.
Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Kelurahan (BPM PK) Ronny Lumowa, Kepala Dinas KB Trusye Kaunang dan Staf Ahli Jantje Ering.
Untuk pejabat eselon III antaranya kabag Humas dan Protokol dijabat oleh Michael Joseph sementara Christo Kalumato dilantik menjadi Kabag Umum Setda Kota Tomohon.
Dalam acara pengambilan sumpah janji pada pelantikan sejumlah jabatan tersebut dilakukan wakil Wali kota Tomohon SAS, mengatakan bahwa di awal tahun 2018 ini, Pemkot Tomohon melaksanakan kegiatan pelantikan pejabat  pimpinan tinggi pratama, administrator dan pengawas untuk penyegaran dan mengisi beberapa jabatan yang lowong, kegiatan pelantikan ini dilaksanakan setelah melalui proses seleksi jabatan untuk jabatan pimpinan tinggi pratama dan seleksi oleh Baperjakat untuk jabatan administrator dan pengawas sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
“Pada kesempatan ini, saya mengajak kepada kita semua untuk berkompetisi secara sehat dan positif menghasilkan karya yang terbaik bagi masyarakat, bangsa dan negara karena perlu saya ingatkan, semakin tinggi suatu jabatan, semakin kompetitif dan berat juga persaingan sehingga sudah menjadi keharusan bagi saudara untuk meningkatkan kemampuan dan menunjukkan preatasi kerja yang lebih baik,” ujar SAS.
Wawali SAS juga mengucapkan selamat kepada yang baru dilantik dan selamat menjalankan tugas.
Sebelumnya, Wali kota Jimmy Feidie Eman mengatakan bahwa pergeseran jabatan yang dilakukan Pemkot Tomohon adalah hal yang biasa. Menurut dia, pergeseran yang dilakukan ini bukan menonjobkan perjabat.
“Kita lakukan rolling jabatan sebagaimana dilakukan sudah melalui kajian dari baperjakat. Jadi ini bukan menonjobkan pejabat tapi dilakukan untuk pengisian jabatan yang lowong karena banyak jabatan kosong karena ditinggal ASN yang sudah masuk dalam masa pensuin,” tukas Eman.
Turut hadir,  Sekretaris Daerah Kota Tomohon sekaligus Ketua Panitia Seleksi Ir Harold Lolowang dan Anggota Pansel Dr Tommy Sumakuldan  Agnes Mandagi, sebagai rohaniwan Pdt Vonny Ngantung  dan Pastor Frans Mandagi,  serta para pejabat yang dilantik.(Fernando kembuan)