PANGDAM XIII/MERDEKA: Upacara 17-an Jangan Hanya Seremonial Semata

oleh -
Pangadam XIII/Merdeka saat memimin upacara 17-an di Makodam, Senin (19/2/2018). (FOTO: Penerangan Kodam)
Pangadam XIII/Merdeka Mayjen TNI Ganip Warsito saat memimpin upacara 17-an di Makodam, Senin (19/2/2018). (FOTO: Penerangan Kodam)

MANADO- Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Ganip Warsito meminta agar upacara 17-an yang dilakukan setiap bulan jangan hanya jadi sebagai rutinitas dan acara seremonial semata.

“Kegiatan yang kita selenggarakan setiap bulan ini, hendaknya bukan dijadikan sebagai    rutinitas dan acara seremonial semata, namun dimaknai sebagai sebuah perwujudan penghormatan kepada pahlawan yang telah rela mengorbankan jiwa dan raganya sebagai Kusuma Bangsa, sekaligus sebagai sarana untuk memelihara bangunan nasionalisme yang ada pada diri kita masing-masing,” ujar Warsito, membacakan amanat Kasad dihadapan prajurit, lapangan Makodam XIII/Merdeka, Senin (19/2/2018).

Menurut dia, program kerja tahun anggaran 2018 telah dimulai dengan diselenggarakannya Rapim TNI-Polri yang dipimpin langsung oleh Presiden,  kemudian  dilanjutkan dengan  Rapim  TNI  dan  Rapim  TNI  AD pada awal bulan Februari 2018 ini,

“Sebagai wahana untuk menyampaikan pokok- pokok kebijakan pimpinan, mulai dari Presiden, Panglima TNI hingga Kepala Staf Angkatan Darat. Kasad menggaris bawahi bahwa dalam pemahaman kita bahwa  opini  WTP  bukanlah  wujud capaian  prestasi  kinerja, melainkan sebagai norma yang wajib dipenuhi oleh kita dalam mempertanggungjawabkan pelaksanaan program kerja dan anggaran kepada rakyat dan pemerintah secara transparan dan akuntabel,” terang dia.

Lanjut dia, pada aspek kinerja, kita memikul tugas dan tanggung jawab yang tidak ringan untuk menjaga kepercayaan tertinggi yang diberikan oleh masyarakat Indonesia kepada kita pada tahun sebelumnya. Hal ini tentu saja  menuntut  kita  semua  untuk senantiasa menjaga dan terus meningkatkan kinerja dan pengabdian kita kepada masyarakat, Bangsa dan Negara dalam segala bidang, sambil memperbaiki berbagai kekurangan yang terjadi pada tahun sebelumnya.

“Agar  mampu  mewujudkan  itu  semua, hal terpenting yang harus kita lakukan adalah mau dan mampu melaksanakan evaluasi  internal  baik  secara  pribadi maupun organisasi, melihat berbagai kekeliruan yang telah kita lakukan dan kemudian bertekad memperbaikinya pada Tahun Anggaran 2018 ini,” pungkas Pangdam.

Diketahui, turut hadir pada upacara tersebut Kasdam XIII/Merdeka Brigjen TNI Fajar Setyawan SIP,  Para Asisten Kasdam,Para Kabalak Kodam XIII/Merdeka,peserta upacara dari balak Kodam,  dan perwakilan upacara dari masing masing satuan. (valentino warouw/fim/esm)