Inggrid Sondakh Serap Aspirasi Masyarakat Desa Pinabetengan Minahasa

oleh
Inggrid Sondakh
Inggrid Sondakh saat melakukan reses di Desa Pinabetengan, Senin (30/4/2018)

MANADO- Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Inggrid Sondakh dari Fraksi Partai Golkar serap aspirasi masyarakat di Desa Pinabetengan, Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara (Sulut), Senin, (30/4/2018). Hal tersebut dalam rangka kegiatan reses.

Saat reses berlangsung, Hengki, Warga Desa Pinabetengan mengatakan, meminta kiranya diperjuangan pembuatan jalan Lapisan Penetrasi (Lapen) untuk Pertanian. manfaat selain untuk jalan perkebunan nanti  juga akan digunakan menjadi jalan menuju Gunung Soputan. karena direncanakan jalan Lapen ingin dijadikan menjadi jalan menuju destinasi Wisata Bukit Kasih.

“Saya juga meminta kiranya sarana olahraga bagi Masyarakat Desa Pinabetengan antara lain peralatan sepak bola kiranya bisa di realisasikan,” harap dia.

Sementara itu, Sekretaris Desa Pinabetengan Frangki Singal mengatakan, meminta kiranya fasilitas pendidikan di sekolah secara khusus di tingat SMA/SMK bisa diperjuangkan, juga jalan untuk petani menuju area perkebunan, dikarena kedua hal tersebut sangat penting.

“Kami juga meminta kiranya ada pelatihan UKM untuk ditingkatakan, jangan hanya temporary saja. Hal ini dalam rangka peningkatan pendapatan para penyedia. Pun, pelatihan UKM yang diharapkan adalah pelatihan pembuatan souvenir, karena hal ini demi mempercepat program ODSK,” harap Singal.

Lanjut dia, kemudian terkait kendala Pemerintah Desa yakni peningkatan kesejahteraan, juga khusus peningkatan hasil pertanian akses jalan dan perkebunan. “Pun, program padat karya di Desa Pinabetengan berjalan baik hanya pada pelaksanaan, disampaikan harus mengunakan alat berat sedangkan kebutuhan dana tidak mencukupi,” tegas Sekdes.

Menanggapi aspirasi masryakat, Inggrid Sondakh mengatakan, untuk pembuatan jalan Lapen adalah tanggung Jawab Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa, namun akan di fasilitasi atau di teruskan ke Pemkab baik melalui Komisi III DPRD Sulut atau langsung ke SKPD terkait

“Kemudian terkait sarana olahraga akan saya perjuangkan dan terkait fasilitas pendidikan akan saya coba diusulakan pada APBD Tahun 2018. Terakhir, untuk Pelatihan UKM akan di Fasilitasi untuk di laksanakan pada bulan Agustus 2018,” jelas Anak dari Gubernur Sulut AJ Sondakh itu.

Diketahui, pelaksanaan reses di Desa Pinabetengan telah dilakukan sebanyak Dua kali oleh Inggrid Sondakh yakni pada 2014 dan 2018. Untuk aspirasi sebelumnya dimana masyarakat meminta pengadaan infrastruktur sekolah antara lain pagar beton, dimana sepanjang hampir 200 meter telah terpenuhi.  (valentino warouw/get)