Menteri Susi Akan Bersih-Bersih Pantai di Bitung

oleh -
Susi Pudjiastuti, Menteri Kelautan dan Perikanan. (Foto:Ist)
Susi Pudjiastuti, Menteri Kelautan dan Perikanan. (Foto:Ist)

BITUNG – Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti akan hadir dalam bersih-bersih laut dan pantai di Kota Bitung, Minggu (19/8). Ini adalah kerja sama dengan Sekolah Lingkungan Bitung dan Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (POSSI) Bitung, diarahkan dan dibantu oleh Pemkot Bitung.

Kepala Sekolah Lingkungan Bitung, Khouni Lomban-Rawung yang juga sebagai Ketua POSSI Bitung mengajak semua masyarakat untuk berpartisipasi dalam kegiatan ini. “Ayo kita bersihkan laut dan pantai dari sampah plastik sebagai bentuk kecintaan kita untuk bangsa ini,” ujar Rawung sembari menjelaskan bahwa kegiatan ini juga digelar dalam rangka HUT RI ke-73.

Sebelumnya, pada Senin (13/8), lewat akun Twitter-nya, Menteri Susi Pudjiastuti mengajak seluruh masyarakat Indonesia bersama membersihkan laut pantai terutama dari sampah plastik. Menteri Susi sendiri mengakui dirinya akan berada di Kota Bitung pada 19 Agustus.

Seperti diketahui, Kota Bitung memang mempunyai visi dan misi bersih di darat, bersih di udara, bersih di bawah tanah dan bersih personal. Pemerintah Kota Bitung juga sudah melakukan gerakan Go Green dan Bitung Less Plastic City sejak 2017.

Sementara itu, Kadis Perikanan Kota Bitung, Liesje Macawalang menjelaskan, kegiatan bersih laut pantai merupakan kerja sama Kementerian Kelautan dan Perikanan dan Sekolah Lingkungan Bitung. “Kegiatan ini akan dipimpin oleh ibu Khouni Lomban-Rawung  selaku Kepala Sekolah yang membawahi Sekolah Laut, Sekolah Sungai dan Sekolah Gunung. Dan diharapkan masyarakat Kota Bitung berpartisipasi penuh pada kegiatan nasional tersebut,” pungkasnya.
(jivlater langi/cr)