Pejabat Mitra Patungan Bantu Korban Bencana Sulteng

oleh -
James Sumendap. (Ist)

 

RATAHAN-Bantuan kemanusiaan bagi korban bencana gempa bumi dan tsunami di Sulawesi Tengah (Sulteng)  terus mengalir. Kali ini giliran pejabat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Tenggara (Mitra) secara patungan mengumpulkan bantuan.

Wakil bupati Mitra Yoke Legi mengungkapkan, jika menjadi keharusan bagi Pemkab Mitra untuk terpanggil berbagi dengan korban gempa di Sulteng. Dimana sudah dua hari ini bantuan berupa uang dan bahan sudah terkumpul.

“Bukan soal seberapa besar, akan tetapi keihlasan kita. Mereka adalah saudara kita ditanah air. Ini juga sudah didahulukan oleh kelompok kelompok masyarakat yang ada di Mitra. Jadi giliran Pemerintah untuk berbagi,” ujarnya, Selasa (9/10) malam.

Tak hanya berupa bantuan material, namun juga Pemkab memastikan Tim dan bantuan kemanusiaan.
“Kami juga mengirim tim dan bantuan kemanusiaan khususnya ke Kabupaten Sigi yang terdampak bencana,” ucapnya.
Adapun jenis bantuan yang terkumpul kata Legi, yaitu bahan makanan, air bersih serta kebutuhan dasar lainnya bagi para pengungsi. Sebab nantinya dari uang terkumpul juga kita beli bahan makanan dan keperluan lainnya.

“Kita juga mengikutsertakan tim medis dan Tagana,” ujarnya. Khusus untuk tim medis beserta Tagana, akan ditugaskan selama 14 hari di Kabupaten Sigi, dan kemudian akan digantikan tim lainnya dari Mitra.

“Tim kemanusiaan ini akan ditugaskan, sampai selesai penanganan bencana di Kabupaten Sigi,” pungkasnya.

Terpisah, Bupati Minahasa Tenggara James Sumendap, mengakui pihaknya masih siaga dengan erupsi Gunung Soputan, namun pemerintahnya telah berkomitmen membantu para korban di daerah Kabupaten Sigi dan sekitarnya.

“Saat ini memang kami masih siaga dengan erupsi Gunung Soputan. Tapi ini tidak mengurangi komitmen kami untuk membantu para saudara sebangsa kamj, dan berada dalam satu pulau yang sama  terdampak bencana gempa bumi dan tsunami,” katanya.

Dia menambahkan, pihak Pemkab Mitra dan Kabupaten Sigi mempunyai hubungan yang sangat erat, dan telah ada kerja sama dalam berbagai bidang, dan akan saling mendukung ketika terjadi bencana.

“Komitmen kami untuk bekerja sama dalam berbagai bidang. Termasuk akan saling membantu jika salah satu daerah terdampak bencana,” tandasnya.
(Marvel Pandaleke/cr)