Hontong Usulkan Pemerintah Pusat Bangun Wilayah Perbatasan 

oleh -
Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Sangihe Helmud Hontong saat menghadiri Forum Ekonomi Kementerian Keuangan di Manado

TAHUNA – Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Sangihe Helmud Hontong, hadiri Seminar Forum Ekonomi Kementerian Keuangan (FEKK) 2018 dengan tema “Perkembangan Ekonomi dan APBN Untuk Pemerataan Pembangunan” yang  diselenggarakan oleh Kementerian Keuangan di Manado-baru ini.

Narasumber yang hadir yaitu  Kurnia Chairy dari Direktorat Penyusunan APBN,  Dr. Ihda Muktiyanto, SE, M. Sc dari Direktorat Strategi dan Portofolio Pembiayaan Dirjen Pengelolaan Pembiayaan dan Resiko Kementerian Keuangan RI, Muhdi,SE,SIP,MIS,Phd Kepala Kantor Wilayah Ditjen Perbendaharaan Propinsi Sulawesi Utara dan Dr. Noldi Tuerah Regional Economist Kementerian Keuangan RI.

Materi yang mengemuka adalah Perkembangan Perekonomian dan APBN Indonesia, Utang Negara sebagai Sumber Pembiayaan Pembangunan, Pembangunan berkeadilan dan kinerja fiskal di Sulut dan Kinerja ekonomi Sulawesi Utara.

Wakil Bupati Kepulauan Sangihe ketika diberi kesempatan, menyampaikan beberapa usulan yang merupakan harapan Pemerintah Daerah Kabupaten Sangihe agar dalam merumuskan kebijakan dan regulasi kiranya mempertimbangkan karakteristik wilayah Sangihe yang merupakan daerah kepulauan baik dalam penanganan BPJS,  Operasionalisasi Tol Laut dan Pengelolaan Dana Desa.

“Kami berharap pemerintah Pusat dapat memperhatikan wilayah perbatasan Kabupaten Kepulauan Sangihe, dari semua aspek untuk kemajuan wilayah ini sebagaimana semangat presiden yakni membangun dari pinggiran,” usul Hontong.

Pemerintah Pusat mengapresiasi atas masukan ini dan akan menjadi perhatian Pemerintah Pusat kedepan dalam berbagai program di daerah kepulauan dan perbatasan. (andy gansalangi)