Dispora Manado Larang Penggunaan Kemasan Plastik di Kantor Hingga Pemusatan Latihan Atlet

oleh -
Kepala Dispora Manado Laurens Umboh. (ist)

MANADO — Menindaklanjuti instruksi dan program wali kota terkait pelestarian lingkungan, Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Manado menerapkan program bebas kemasan plastik.

Kepala Dispora Laurens Umboh menegaskan, semua Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Tenaga Harian Lepas (THL) di jajarannya tidak diperkenankan untuk membawa air mineral dalam kemasan plastik selama melaksanakan tugas.

“Kalau ingin membawa air minum harus menggunakan tumbler,” tegas Umboh, Selasa (8/1/2019).

Menurut dia, program ini juga akan diberlakukan dalam semua kegiatan dan rapat dispora, termasuk pemusatan latihan masing-masing cabang olahraga.

“Dalam setiap acara dispora kami akan menggunakan kemasan ramah lingkungan dan untuk pemusatan latihan cabang olahraga akan digunakan tempat minum atau gelas paten,” janji mantan Kepala Bagian Perlengkapan itu.

Dengan adanya program ini, diharapkan dapat mengurangi volume sampah plastik yang sangat berbahaya bagi kelestarian alam.

“Jika semua instansi pemerintah memberlakukan program ini maka sampah plastik di Manado akan berkurang signifikan. Dan diharapkan kesadaran masyarakat terhadap bahaya sampah plastik akan meningkat sehingga Kota Manado bisa bebas dari sampah plastik,” tukas mantan Camat Malalayang itu. (kimgerry)