Peduli Sesama, Gerakan #masadepan Salurkan Bantuan Tanggap Darurat untuk Korban Bencana

oleh -
Inisiator Gerakan #masadepan Franko Wangko (kedua dari kiri) bersama para relawan saat menyambangi warga yang terdampak banjir di Sario.

MANADO — Bencana banjir dan tanah longsor yang melanda sejumlah wilayah di Kota Manado menggugah empati dari berbagai kalangan. Termasuk Gerakan #masadepan.

Di mana, inisiator Gerakan #masadepan Franko Wangko langsung bergerak cepat meninjau sejumlah titik terdampak banjir dan longsor, Jumat (1/2/2019). Tidak hanya sekadar menyambangi para korban bencana, calon anggota legislatif dari dapil Sario-Malalayang bersama relawan, langsung memberikan bantuan tanggap darurat, agar masyarakat bisa segera dapat pertolongan. Melihat kondisi cuaca saat ini, Franko mengingatkan warga untuk tetap waspada. “Segera cari tempat aman jika hujan berlangsung selama beberapa jam,” imbaunya.

Menurut dia, banjir pekan lalu, terlihat banyak sekali tumpukan sampah dan lumpur di pemukiman warga. “Selain bantuan pangan, yang terpenting adalah dikarbolisasi. Kawasan yang terkena banjir, harus diberi disinfektan, mencegah jangan sampai menimbulkan penyakit,” terang Franko.

Lanjut dia, banjir ini tidak bisa dianggap lagi sebagai musibah tahunan dengan skala penanganan jangka pendek. Tapi harus dilakukan langkah komprehensif dengan skenario preventif. “Sehingga, ketika musim penghujan tiba, dapat meminimalisasi daerah yang terkena dampak banjir. Implementasi perda pengolahan sampah harus dilaksanakan kontinyu. Ini harus menjadi isu bersama untuk masa depan Manado yang lebih baik,” pungkas caleg Partai NasDem nomor urut tujuh itu. (kimgerry)