Disperindag Sulut Dorong Program IKM untuk Petani Kelapa

oleh -
Kepala Disperindag Provinsi Sulut, Jenny Karouw. (ist)

MANADO-Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Sulut Jenny Karouw menyebut, pihaknya terus mendorong program Industri Kecil dan Menengah (IKM) petani kelapa untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Ini untuk mewujudkan program Operasi Daerah Selesaikan Kemiskinan (OD-SK) bagi para petani kelapa di Sulut,” ungkapnya, Rabu (27/2/2019).

Dia menuturkan, baru-baru ini, Dirjen Industri Kecil Menengah dan Aneka (IKMA) Kementrian Perindustrian, Gati Wibawaningsi melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel). Kedatangan dirjen untuk melihat masyarakat dalam pengembangan usaha mengelola hasil kelapa.

“Pihak kami turut memberikan pendampingan waktu itu. Dirjen Gati melihat pengelolaan kelapa menjadi minyak goreng lewat peralatan bantuan yang diberikan kepada masyarakat,” tuturnya.

Karouw mengatakan, pengembangan IKM khususnya untuk hasil kelapa dari para petani sangat penting, agar masyarakat tidak terlalu tergantung pada harga jual kopra yang memang ditentukan oleh harga pasar dunia.

“Kunjungan itu, Dirjen Gati juga mengupayakan agar hasil IKM masyarakat dapat dijual ke pasaran. Kita juga tengah mengupayakan hal tersebut, supaya masyarakat dapat difasilitasi untuk menjual hasil IKM seperti minyak goreng,” tandasnya. (rivco tololiu)