Libur Lebaran, Trafik Layanan Data XL Axiata di Manado Naik 16%

oleh -
Selama libur lebaran 2019, XL Axiata) mencatat trafik layanan data di Kota Manado selama libur lebaran 2019 naik sekira 16%. istimewa

MANADO— PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) mencatat trafik layanan data di Kota Manado selama libur lebaran 2019 naik sekira 16%.

Selain Manado, di Pulau Sulawesi, Kabupaten Pinrang juga mengalami kenaikan yang signifikan yakni naik sekira 81%.

Manado dan Pinrang, masuk dalam kota-kota yang menyumbang kenaikan trafik tertinggi berada di wilayah-wilayah yang menjadi tujuan mudik atau perpindahan pelanggan tersebut.

Kota lainnya antara lain, Kota Jepara menjadi kota dengan trafik tertinggi dengan naik 137% di banding hari normal, selanjutnya Kota Kuningan naik 102%, dan Kabupaten Pemalang naik 83%. Di wilayah Kalimantan, kota dengan trafik tertinggi adalah Kab. Kutai Kartanegara naik 79%, kota Tanah Laut naik sekitar 51%, lalu diikuti kota Balikpapan setinggi 40%.

PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) mencatat trafik layanan data juga meningkat hingga 24% dibandingkan hari biasa.  Sementara jika dibandingkan trafik tertinggi pada Lebaran tahun lalu, trafik data saat ini meningkat 57%.

Direktur Teknologi XL Axiata, Yessie D. Yosetya mengatakan,  satu hal yang paling krusial dalam menyediakan layanan selama libur Lebaran setiap tahun adalah bagaimana kita bisa menyediakan layanan berkualitas, yang merupakan kombinasi antara jaringan dengan performa tinggi dan produk yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan.

“Jika kami bisa memastikan semua berjalan baik, maka pelanggan akan nyaman dan trafik dengan sendirinya juga meningkat,” ujar Yessie, berdasarkan siaran pers yang Koran Sindo Manado, Senin, 10/6/2019.

Mencermati lonjakan trafik data yang terjadi dibandingkan hari-hari normal, pelanggan terlihat sangat nyaman dalam menggunakan semua jenis layanan.  Untuk trafik mengakses ke layanan pesan berbasis data (instant messaging)/Whats App,Line dan sebagainya secara rata-rata meningkat meningkat sebesar 48%, mengakses layanan jejaring sosial (SNS:Facebook, Twitter, Instagram) meningkat 17%, streaming video dan sebagainya meningkat sebesar 22% dan lebaran tahun ini di tunjukkan dengan mulai naiknya akses games sebesar 15%.

Kontribusi peningkatan trafik akses SNS di hari lebaran terutama didukung meningkatnya trafik mengakses aplikasi Instagram (35%), ada juga peta digital WAZE yang meningkatkan sebesar 93% dibandingkan hari biasa dan selama masa mudik layanan portalHiburan (entertainment)seperti spotify naik 8% dan Netflix 77%. Untuk aktifitas pembelian online selama lebaran 2019 juga mengalami perubahan pola dibandingkan lebaran 2018. Bila Lebaran 2018, situs Lazada paling banyak diakses pelanggan, maka selama Lebaran 2019, Shopee menjadi situs belanja online yang paling banyak diakses pelanggan, disusul Bukalapak dan Tokopedia. (stenly sajow)