Program Kelurahan ODF Dinkes Manado Sambangi Meras, Deklarasikan Stop BAB Sembarangan

oleh -
Kepala Dinkes Manado, dr Ivan Sumenda Marthen memberi pemaparan dalam kegiatan ODF kelurahan, di Meras, Rabu (11/9/2019). (ist)

MANADO- Program kelurahan ODF atau Open Defecation Free, stop buang air besar (BAB) sembarangan digelar di Kantor Kelurahan Meras, Kecamatan Bunaken, Kota Manado, Rabu (11/9/2019). Wali Kota Vicky Lumentut melalui Kepala Dinas Kesehatan, dr Ivan Sumenda Marthen menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada seluruh stakeholder Kelurahan Meras yang telah menyukseskan salah satu program pemerintah, yakni mewujudkan kelurahan bersih dan sehat. “Serta mencegah pencemaran lingkungan dengan mewujudkan lima pilar kelurahan STBM, sebagai indikator bahwa masyarakat Meras memiliki wawasan dan kesadaran tentang kesehatan lingkungan dan perorangan yang baik dan siap menjadi kelurahan mandiri sesuai dengan visi dan misi Pemerintah Kota Manado,” terang dr Ivan.

Dia menjelaskan, ada beberapa faktor yang mempengaruhi kesehatan. Di mana, yang paling dominan adalah perilaku hidup bersih dan sehat. Masyarakat diharapkan mampu menjaga dan memelihara kesehatan lingkungan dan perorangan sehingga tercipta keluarga yang sehat sejahtera dalam mewujudkan Manado kota sehat

“Masyarakat diharapkan pula bisa melakukan pengelolaan sampah yang baik, mulai dari proses pemilahan sampah rumah tangga baik organik dan anorganik. Organik bisa menjadi pupuk tanaman sekitar rumah sehingga yang diangkut ke TPA adalah sampah anorganik yang direncanakan bisa diselesaikan di tingkat kecamatan lewat alat incenerator,” jelas dia.

“Terima kasih kepada para panitia bersama tokoh agama, tokoh masyarakat serta warga Kelurahan Meras yang telah bekerja sama dengan baik sehingga kegiatan berlangsung aman dan lancar,” tutupnya. Kegiatan kelurahan ODF ditutup dengan penandatanganan deklarasi serta penyerahan piagam stop BABS. (kimgerry)