KEK Pariwisata Likupang Untungkan Daerah dan Buka Peluang bagi Masyarakat

oleh -
Wakil Gubernur Steven Kandouw. (Ist)
MANADO – Beroperasinya KEK Pariwisata Likupang di Kabupaten Minahasa Utara (Minut) diyakini akan memberikan manfaat positif bagi peningkatan pendapatan daerah, serta membuka peluang untuk masyarakat.
Wakil Gubernur Steven Kandouw (SK) mengatakan, masuknya KEK Pariwisata Likupang yang ditetapkan sebagai destinasi super prioritas dari pemerintah pusat merupakan hal yang patut disyukuri.
“Ini akan memberikan efek positif meningkatkan pendapatan lewat PAD bagi daerah, serta dapat membuka peluang bagi masyarakat, seperti lapangan pekerjaan dan lainnya,” ungkapnya, Rabu (9/10/2019).
Lanjut Mantan Ketua DPRD Sulut ini, road map Bapak Gubernur Olly Dondokambey terkait keparawisataan diakui dan didukung Presiden Joko Widodo (Jokowi).
“Kemarin, realisasi implementasi di lapangan sudah diwujudkan oleh Menteri Pariwisata sambil menunggu penetapan regulasi dari Bapak Presiden Jokowi,” terangnya.
Kandouw berharap, semua program pemerintah terkait pengembangan sektor pariwisata di Bumi Nyiur Melambai dapat ditunjang oleh pemerintah daerah (pemda) di kabupaten/kota, serta lapisan masyarakat.
“Lewat pembangunan pariwisata kita dapat mendorong peningkatan perekonomian daerah, dan membuka peluang masuknya banyak investasi ke Sulut,” tandas Alumnus Universitas Indonesia (UI) tersebut.
Sebelumnya, Menteri Pariwisata (Menpar) RI Arief Yahya salut melihat percepatan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Likupang.

Pun, kata Menpar, Road Map Pariwisata yang disiapkan Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw (OD-SK) diapresiasi Presiden Jokowi.

“Bagus dan saya ucapkan selamat, terbaiklah tercepat. Kita harapkan bulan ini, PP untuk KEK Likupang sudah ditandatangani,” ujar Menpar Arief.

Dia memuji kecepatan terwujudnya KEK Pariwisata Likupang, karena tidak memakan waktu yang lama.

“Pemerintah provinsi sangat serius dalam pembangunan dan pengembangan pariwisata,” ujarnya. (rivco tololiu)