Polda Sulut Seriusi Ancaman Kejahatan Jelang Natal

oleh -
Wakapolda Sulut Brigjen Pol Alex Mandalika didampingi Irwasda, Kombes Pol Ama Kliment Dwikorjanto membuka latihan Pra Operasi Bina Waspada. (Ist)

MANADO – Berdasarkan analisa dan evaluasi Polda Sulut, menjelang Natal dan Tahun Baru mobilisasi masyarakat baik dalam bidang perekonomian maupun pembangunan infrastruktur mengalami peningkatan. Kondisi tersebut menjadi salah satu faktor pendorong terjadinya aksi kriminalitas.

Merespon hal tersebut, Wakapolda Sulut, Brigjen Pol Alex Mandalika didampingi Irwasda, Kombes Pol Ama Kliment Dwikorjanto, membuka Latihan Pra Operasi (Latpraops) Bina Waspada, di ruang rapat Ditlantas, Rabu (30/10/2019).

Kapolda Sulut, Irjen Pol R. Sigid Tri Hardjanto dalam sambutan tertulis dibacakan Wakapolda mengatakan, Operasi Bina Waspada bertujuan meningkatkan kesadaran hukum masyarakat.

“Sehingga akan terbina peran masyarakat pada sistim keamanan guna meningkatkan daya cegah, daya tangkal dan daya penanggulangan masyarakat terhadap ancaman untuk memperkecil kemungkinan terjadinya potensi gangguan keamanan di Sulut,” kata Wakapolda.

Operasi tersebut, lanjutnya, juga sebagai upaya menciptakan kondisi yang aman dan nyaman menjelang Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.

Latpraops diisi dengan berbagai penyampaian materi terkait pelaksanaan operasi. Diantaranya, pengawasan operasi yang disampaikan langsung oleh Irwasda, dan Manajemen Operasi oleh Karoops Polda Sulut, Kombes Pol Yohanes Soeharmanto.

Pembukaan Latpraops turut dihadiri oleh para Pejabat Utama Polda Sulut. Sedangkan pesertanya yakni para Kabagops dan Kasatbinmas Polres jajaran Polda Sulut. Diketahui, Operasi Bina Waspada ini akan digelar selama 30 hari, mulai 3 November hingga 2 Desember 2019. (alfrits semen)