Lansia di Minahasa Tenggara Dapat Hadiah Akhir Tahun, Jumlah Penerima Bansos Membeludak

oleh -
Tampak penyaluran bansos lansia di Mitra. (FOTO: Istimewa)

RATAHAN– Warga lanjut usia (Lansia) di Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) mendapat hadiah akhir tahun. Penyaluran bantuan sosial (Bansos) bagi para lansia penerima mulai disalurkan pemerintah kabupaten (Pemkab) melalui Dinas Sosial Mitra sejak Kamis (26/12/2019).

Adapun, jumlah penerima bansos lansia Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) membeludak.

Kepala Dinas Sosial Franky Wowor mengungkapkan, pemerintah awalnya menyiapkan anggaran sebesar Rp2,8 miliar bagi 5.000-an lansia penerima. Akan tetapi, belakangan jumlahnya membeludak hingga 7.000-an.

“Kita Dinsos melakukan validasi melalui data yang masuk dari hukum tua di setiap desa dan kelurahan. Ternyata jumlahnya bertambah menjadi tujuh ribu lebih,” terang Wowor Jumat (27/12/2019).

Menurut dia, validasi dilakukan dengan ketentuan penerima harus merupakan Lansia dari keluarga miskin. Usianya harus di atas 65 tahun.

“Nah ada beberapa data yang harus kita anulir, semisalnya bagi mereka yang merupakan lansia bukan dari kalangan keluarga miskin. Begitu juga ada dari kalangan Lansia pensiunan. Ini tidak boleh,” tegasnya.

Sementara, terkait penyaluran, Wowor mengungkapkan bukan lagi menjadibkewenangannya, melainkan Pihak Badan Keuangan Daerah.

“Kita hanya sampai pada verifikasi dan validasi data. Soal pencairan sudah ranahnya isntansi keuangan,” pungkas Wowor.

Terpantau, proses penyaluran dilakukan dengan sistem digilir per kecamatan. Para Lansia tampak tumpah ruah mengantre di beberapa kantor pemerintah masing-masing kecamatan. (Marvel Pandaleke)