Terkait Dugaan Virus Korona, Menteri Kesehatan Akan Kunjungi RSUP Kandou

oleh -
RSUP Prof Kandou Manado. (Ist)
MANADO – Menteri Kesehatan (Menkes) RI Dr Terawan dijadwalkan akan mengunjungi RSUP Prof Kandou Manado terkait pemberitaan adanya pasien yang diduga terpapar virus korona.
“Iya, informasinya hari ini pak Menteri Terawan akan datang ke sini. Informasinya untuk mengecek pasien yang dirawat terkait dugaan virus korona,” kata Direktur Utama (Dirut) RSUP Kandou Manado, dr Jimmy Panelewen, Minggu (26/1/2020).
Dia ikut memberikan pernyataan menyusul maraknya pemberitaan adanya kasus pasien virus korona yang sementara dirawat di RSUP Kandou.
Menurutnya, pasien yang dirawat merupakan penerjemah yang bukan warga negara China, tapi warga negara Indonesia yang bekerja sebagai interpreter di salah satu maskapai penerbangan.

“Tindakan isolasi yang dilakukan oleh aparat kesehatan berdasarkan pada beberapa pertimbangan, yakni adanya riwayat perjalanan ke lokasi terjangkit di China dan yang bersangkutan mengeluh dalam kondisi pilek,” jelasnya.

“Kepada yang bersangkutan tidak dikenakan kriteria tersangka karena pada saat pemeriksaan tidak menunjukkan adanya tanda-tanda demam dan radang paru atau pneumonia sesuai kriteria dari Kemenkes,” sambungnya.

Panelewen menuturkan, tindakan karantina atau isolasi diberlakukan untuk pengawasan.

“Hal ini dilakukan sebagai bentuk pelayanan publik untuk pencegahan penyakit,” tutupnya. (rivco tololiu)