Fakta Menarik Kunker OD-SK di Sangihe, Makan di Tempurung hingga Kenakan Pakaian Adat Berwarna Kuning

oleh -
Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw (OD-SK) menegenakan pakaian adat warna kuning di acara Tulude. (ist)

MANADO – Ada sejumlah hal menarik dari kunjungan kerja (kunker) Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw (OD-SK) ke Kabupaten Kepulauan Sangihe, Jumat (31/1) lalu.

Dua politisi PDI Perjuangan (PDIP) ini, terlihat larut bersama masyarakat saat mengikuti pesta Adat Tulude yang digelar di Pendopo Rumah Dinas (Rudis) Bupati Sangihe di Tahuna.

Keduanya menikmati saat makan menggunakan tempurung. Pun, OD-SK terlihat kompak mengenakan pakaian adat berwarna kuning, meski dua politisi PDIP tersebut sangat identik dengan warna merah.

“Ini merupakan kearifan lokal yang harus kita jaga dan terus dilestarikan,” ungkap Wakil Gubernur Steven Kandouw.

Kandouw juga mengenakan pakaian adat yang sama saat menghadiri Tulude di Kabupaten Sitaro, Sabtu (1/2/).

Dalam kunker ke dua daerah tersebut, OD-SK menyalurkan bantuan kepada masyarakat korban bencana, sekaligus meresmikan proyek pendidikan di Sangihe, dan membagikan Kartu Indonesia Sehat (KIS) di Sitaro.

Saat kunker di Sangihe, OD-SK turut didampingi Ketua TP PKK Sulut Rita Tamuntuan, Wakil Ketua dr Kartika Devi Tanos, Bupati Sangihe Jabes Gaghana, Wakil Bupati Helmut Hontong, Sekdaprov Edwin Silangen dan sejumlah pejabat eselon II Pemprov Sulut. (rivco tololiu)