Tes Tertulis PPK di 15 Kabupaten/Kota Provinsi Sulawesi Utara Langsung Diperiksa, Diawasi Ratusan Pengawas

oleh -
Komisioner KPU Sulut, Salman Saelangi. (valentino warouw)

MANADO-  Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) melalui KPU di 15 Kabupaten/Kota di Provinsi Sulut telah selesai melaksanakan tes tertulis calon Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

Toh, tes tersebut dilakukan secara tertib, terbuka, transparan. Pun, soal tes tertulis langsung diperiksa dan hasil nilainya langsung diumumkan. Tidak lepas diawasi langsung ratusan Panwascam dan Bawaslu di 15 Kabupaten/Kota.

“Perekrutan badan adhoc terutama PPK sudah sementara berlangsung, dimana 30 Januari sudah mulai dilakuakn tes tertulis. Untuk Kota Manado dan Kota Tomohon menggunakan metode Computer Assisted Tes (CAT) dan di 13 Kabupaten/Kota yang lain menggunakan tes tertulis secara manual dimana peserta mendapatkan lembar soal tes,” ujar Komisioner KPU Sulut Salman Saelangi, kepada SINDOMANADO.COM, diruang kerjanya, Selasa (4/2), kemarin.

Menurut dia, tes yang menggunakan CAT langsung bisa diketahui hasilnya serta nilai peserta yang ikut. Hal tersebut juga berlaku bagi peserta yang ikut dengan metode tes tertulis manual. Dimana selesai mengerjakan soal langsung dilakukan pemeriksaan tanpa ada jeda waktu.

“Peserta langsung bisa mengetahui nilainya dan apakah peserta masuk sepuluh besar atau tidak,” terang dia.

Dia menejelaskan, sebelumnya saat pengumuman lulus berkas dimana sudah dibuka tanggapan masyarakat terkait bakal calon anggota PPK. Setelah mendapatkan sepuluh besar akan masuk proses wawancara. Jika ada tanggapan masyarakat akan dilakukan klarifikasi pada proses wawancara.

“Setelah melewati proses wawancara, akan dibuka kembali tanggapan masyarakat selama tujuh hari. Jika ada tanggapan masyarakat maka akan dilakukan klarifikasi , setelah itu dari sepuluh peserta akan dumumkan lima terpilih menjadi Anggota PPK yang nantinya sesuai timeline akan dilantik serentak pada 29 Februari 2020,” pungkas Ketua Divisi Parmas KPU Sulut itu. (valentino warouw)