Kebijakan Pro Tenaga Kerja, Wali Kota GSVL Sabet Penghargaan dari Gubernur Sulut

oleh -
Wali Kota GSVL menerima penghargaan sebagai Pembina K3 dari Gubernur Olly Dondokambey, Senin (17/2/2020). (ist)

MANADO — Sejumlah program dan kebijakan pro tenaga kerja yang dicetuskan Pemerintah Kota (Pemkot) Manado kembali diganjar penghargaan.

Teranyar, Wali Kota GS Vicky Lumentut (GSVL) menerima penghargaan sebagai Pembina Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) tingkat kabupaten/kota di Sulawesi Utara. Penghargaan tersebut diserahkan Gubernur Olly Dondokambey di Halaman Kantor Gubernur Sulut, di sela-sela apel Korpri, Senin (17/2/2020).

“Puji Tuhan, saya menerima penghargaan sebagai Pembina K3 tingkat kota di Sulut. Apresiasi ini tentunya akan menjadi pelecut untuk menghadirkan program untuk kesejahteraan para tenaga kerja ke depan,” tutur GSVL.

Sekadar diketahui, kepedulian pemkot terhadap tenaga kerja diwujudnyatakan dalam penetapan Upah Minimum Kota (UMK) yang terus meningkat setiap tahun. Bahkan, para tenaga kerja menerima upah di atas UMP Sulut. “Tahun ini, para tenaga kerja di Kota Manado menerima UMK sebesar Rp3.377.265,” ungkap Kepala Dinas Ketenagakerjaan Donald Supit.

Bukan itu saja, lanjut Supit, untuk menjamin keselamatan pekerja, pemkot mengikutsertakan ribuan tenaga harian lepas (THL) dalam program jaminan sosial ketenagakerjaan. “Sudah dianggarkan sejak tahun lalu. Awalnya hanya untuk THL Satpol PP dan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) karena pekerjaannya beresiko, rentan alami kecelakaan dan hampir selalu di lapangan. Namun, sudah diusulkan semua bisa tercover di anggaran tahun ini. Ini bertujuan untuk memberi rasa aman dan jaminan jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan saat menjalankan tugas,” terang Supit. (kimgerry)