Pascadibentuk, Satgas Covid-19 Pemkot Manado Langsung Action

oleh
Wali Kota GSVL memimpin langsung rapat perdana Satgas Covid-19 Kota Manado di Ruang Serbaguna Kantor Wali Kota. (ist)

MANADO — Pemerintah Kota Manado bertindak cepat merespon adanya pasien positif virus korona dengan membentuk membentuk satuan tugas (satgas) kesiapsiagaan kewaspadaan pencegahan dan pengendalian terhadap penularan Corona Virus Disease (Covis–19), Minggu (15/3/2020).

Dalam melaksanakan tugasnya, mereka akan mengacu pada pedoman kesiapsiagaan menghadapi Covid-19 dari Kementerian Kesehatan RI 2020 untuk satgas bidang kesehatan dan untuk satgas di luar bidang kesehatan mengacu pada kebijakan kementerian atau lembaga terkait. “Pembentukan satgas untuk memudahkan koordinasi dan sinergitas dalam kesiapsiagaan dan kewaspadaan pencegahan dan pengendalian terhadap Covid-19 di Kota Manado baik lintas program dan lintas sektor kewilayahan,” ungkap Wali Kota GS Vicky Lumentut melalui Kepala Dinas Kesehatan dr Ivan Sumenda Marthen.

Sehari pascadibentuk, Satgas Covid-19 Kota Manado langsung menggelar rapat koordinasi perdana sekaligus action di lapangan. Dimana, tim melakukan penyemprotan disinfektan di Bailang, Kecamatan Bunaken yang merupakan tempat tinggal pasien suspect korona yang kini diisolasi di RSUP Prof Kandou. Lokasi yang dilakukan penyemprotan, yakni sejumlah rumah ibadah, pemukiman warga di lokasi Pasar Bobo serta Puskesmas Bailang yang merupakan tempat sering berkumpulnya orang banyak. “Upaya meminimalisasi penyebaran korona, Satgas Covid-19 yang dibentuk Pemkot Manado akan melakukan penyemprotan disinfektan di lokasi-lokasi yang sering menjadi tempat berkumpul warga. Dimulai di Bailang,” ujar Juru Bicara Satgas dr Sanil Marentek.

Menurut dia, rencananya hari ini, penyemprotan akan dilakukan di Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil. “Warga diimbau tetap jaga kondisi kesehatan, perhatikan kebersihan lingkungan sekitar serta ikuti instruksi dari pemerintah. Satgas Covid-19 berupaya semaksimal mungkin meredam penyebaran virus ini,” terang dr Sanil.

Sementara itu, Ketua Satgas Micler Lakat menyatakan, lewat surat keputusan Wali Kota Manado nomor 36/2020, pembentukan satgas yang melibatkan forkopimda dan instansi terkait lainnya telah mendapat tugas sesuai fungsi masing-masing.

“Baik itu memastikan ketersediaan stok bahan pokok, obat-obatan, tenaga medis, hingga ruangan isolasi dan lain sebagainya,” beber Sekretaris Kota Manado dalam rapat koordinasi Satgas Covid-19 di Ruang Serbaguna Kantor Wali Kota, Senin (16/3/2020). (kimgerry)