Kadin Sulut dan Kodim 1309 Buat Cairan Desinfektan, Lakukan Penyemprotan di Fasilitas Publik

oleh -
Ketua Kadis Sulut Jemmy Tumimomor (paling kiri) bersama Dandim 1309 Manado, Kolonel Arc Christian Noel Frederik Tanjong, melihat pembuatan cairan desinfektan. (Ist)

MANADO – Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Sulawesi Utara (Sulut) bekerja sama dengan Kodim 1309 Manado membuat cairan desinfektan untuk disemprotkan ke sejumlah fasilitas publik di Kota Manado seperti pasar dan pelabuhan.

Langkah tersebut sebagai sarana edukasi sekaligus upaya dalam mengantisipasi penyebaran virus korona (Covid-19) yang kasusnya terus meningkat.

Ketua Kadin Sulut Jemmy Tumimomor mengatakan, penyemprotan desinfektan dilakukan pada tiga titik. Tim pertama melakukan penyemprotan di wilayah Malalayang yang mencakup pasar dan rumah ibadah baik gereja dan masjid, serta terminal.

Kemudian, kata Tumimor, tim kedua menyemprot di area sekitaran Kodim Winangun. Dan tim ketiga bertugas di wilayah Tuminting yang juga mencakup pasar dan pelabuhan.

“Penyemprotan memang fokus di area atau tempat fasilitas publik. Seperti pasar, pelabuhan dan terminal. Ini salah satu upaya kita dalam mengantisipasi penyebaran virus korona,” ungkapnya di Mako Kodim 1309 Manado, Selasa (24/3/2020).

Pengusaha low profile ini menjelaskan, pembuatan atau racikan bahan menjadi cairan desinfektan yang dilakukan pihaknya bersama Kodim 1309 merupakan sarana edukasi bagi masyarakat.

“Bahan-bahannya kan mudah didapat. Jadi, kita lakukan ini agar warga juga yang ingin melakukan penyemprotan desinfektan, dapat membuatnya sendiri,” tuturnya.

Tumimomor mengakui, upaya mengendalikan penularan atau penyebaran virus korona, tentunya membutuhkan partisipasi secara bersama dari masyarakat. Penerapan physical distancing (jaga jarak fisik) merupakan satu hal yang baik dan mesti direspons oleh warga sendiri.

“Dengan menjaga jarak, tentunya kita bisa menjaga diri agar tidak tertular virus tersebut. Selain itu, kebersihan tubuh dan kesehatan harus juga dijaga bersama,” paparnya.

Dia menyebut, terkait upaya penyemprotan desinfektan, akan dilakukan pihaknya secara bertahap di masing-masing kabupaten/kota di Sulut.

“Usai di Manado, mungkin kita akan bergerak ke wilayah Bolmong Raya. Kita akan berkoordinasi dengan Kadin setempat dan sejumlah pihak terkait,” tuturnya.

Di tempat yang sama, Dandim 1309 Manado, Kolonel Arc Christian Noel Frederik Tanjong mengapresiasi upaya Kadis Sulut yang boleh bekerja sama dengan pihaknya dalam membuat cairan desinfektan dan melakuan penyemprotan di sejumlah fasilitas publik.

“Kami tentu mengapresiasi kepedulian Kadin Sulut yang boleh bersama melakukan upaya antisipasi merespon pandemi virus korona dengan melakukan penyemprotan desinfektan,” tuturnya.

Apalagi, kata Dandim, penyemprotan dilakukan di tempat-tempat umum atau fasilitas publik yang menjadi tempat interaksi banyak orang.

“Kiranya apa yang kami lakukan ini dapat memberikan manfaat baik edukasi, serta upaya bersama dalam mengantisipasi penyebaran virus korona di daerah ini,” tandasnya. (rivco tololiu)