Antisipasi Kekurangan Pangan, Bupati Bolmong Minta Warga Menanam

oleh
Bupati Kabupaten Bolmong, Yasti Soepredjo Mokoagow. (FOTO: Istimewa)

BOLMONG – Bupati Kabupaten Bolaang Mongodow (Bolmong) Yasti Soepredjo Mokoagow meminta seluruh masyarakat agar memanfaatkan lahan untuk menanam tanaman pangan.

Hal ini untuk mengantisipasi kekurangan pangan akibat pandemi virus korona (Covid-19) bila terjadi berkepanjangan. Instruksi bupati tersebut berdasarkan surat Instruksi Nomor : 19/SETDAKAB/HKM/IV/2020 tertanggal 13 April 2020.

Bupati meminta kepada seluruh camat, sangadi dan lurah dan seluruh masyarakat Bolmong supaya menanam pangan. “Diharapkan agar menanam ubi jalar, talas, singkong, kentang, jagung, kacang tanah, kacang hijau, padi, sayuran, bawang, cabai serta rempah-rempah. Atau tanaman lain yang dapat dijadikan sebagai bahan makakanan yang dapat dipanen paling lama tiga sampai empat bulan,” kata bupati, Kamis (16/4/2020).

Sementara, di poin kedua, tanaman pangan seperti yang tercantum agar ditanam di halaman rumah, di kebun atau di lahan yang tidak terpakai atau lahan tidur atas izin pemilik lahan.

“Camat dan sangadi agar segera mengimbau dan mensosialisasikan kepada masyarakat agar menanam tanaman pangan untuk mengantisipasi kekurangan pangan,” katanya.

Sementara ,di poin keempat, bupati mengintruksikan agar camat melaporkan pelaksanaan instruksi bupati tersebut melalui Sekda Bolmong Tahlis Gallang setiap pekan, atau setiap Hari Jumat.

Di poin kelima, seluruh masyarakat wajib melaksanakan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19 sebagaiman yang dianjurkan pemerintah. Selanjutnya, poin keenam bupati berharap, agar semua stakeholder melaksanakan instruksi Bupati tersebur dengan penuh tanggung jawab. “Intruksi ini mulai berlaku sejak tanggal yang ditetapkan yakni 13 April 2020. Maka dari itu saya berharap agar diperhatikan dan dijalankan sesuai instruksi,” harapnya sesuai poin ketujuh.  (Ebby Makalalag)