Gerakan 1.000 Masker dan Rapid Test untuk Proteksi Pedagang dan Petugas Pasar Tomohon

oleh -
Suasana di pasar, Jumat (15/5/2020). (FOTO : Istimewa)

TOMOHON—  Sadar akan tingginya potensi resiko penyebaran Covid-19 di Pasar Tomohon, langkah strategis diambil guna membentenginya. Selain mulai mengaktifkan pos penjagaan masuk pasar, Pemerintah Kota Tomohon juga melakukan langkah positif melalui PD Pasar Tomohon yang melaksanakan upaya pencegahan penyebaran Covid-19 dengan melakukan Gerakan 1.000 Masker untuk pedagang dan melakukan rapid test bagi petugas maupun pedagang di Pasar Beriman Wilken Tomohon, Jumat(15/5/2020).

Wali kota Tomohon Jimmy Feidie Eman yang diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setdakot Tomohon Jusak Pandeirot mengatakan, pihaknya peduli terhadap persoalan & resiko terhadap aktifitas masyarakat di kawasan fasilitas publik yang melaksanakan transaksi perdagangan yakni Pasar Beriman Wilken Tomohon.

“Sehingga upaya pencegahan serta memutus rantai penyebaran virus korona dapat makin efektif, sekaligus membudayakan disiplin menggunakan masker bagi masyarakat sebagai alat pelindung diri. Seperti diketahui pengadaan 1.000 masker kain dari Pemkot Tomohon adalah partisipasi para pejabat untuk pedagang pasar, sebagai wujud nyata salah satu upaya secara bersama berupaya memutus rantai penyebaran Covid-19,” jelas Pandeirot.

Dia juga mengharapkan agar masyarakat yang beraktifitas di pasar dapat menerapkan pola hidup sehat dan anjuran pemerintah. “Melalui maklumat yang ada terkait sosial distancing maupun physical distancing kiranya kita bisa saling menjaga satu sama lain. Langkah ini bisa menjadi salah satu kontribusi bersama guna memutus mata rantai penyebaran,” lanjut mantan Kadis Kominfo ini.

Sementara, Direktur PD Pasar Tomohon Noldy Montolalu mengapresiasi akan penyerahan masker boleh berlangsung dengan lancar. “Atas nama PD Pasar Tomohon menyampaikan terima kasih pada Wali kota Tomohon Jimmy Feidie Eman dan jajaran pejabat atas perhatian yang besar bagi aktifitas di Pasar Beriman Wilken maupun untuk para pedagang dalam upaya memutus rantai penyebaran,” ujar Montolalu.

Selain itu, Montolalu juga menjelaskan melalui gugus tugas percepatan penanganan penyebaran Covid-19 telah melakukan rapid test bagi pegawai PD Pasar, pedagang dan masyarakat lainnya yang terlibat dalam aktifitas jual beli. “Tadi juga telah dilakukan rapid tes bagi 40 karyawan PD Pasar dan juga para petugas hingga pedagang di pasar oleh Dinkes Tomohon,” tukasnya. Proses pengambilan rapid test bagi petugas pasar dan pedagang. (Wailan Montong)