Gelar Paripurna Istimewa HUT Manado ke-397, DPRD Manado Apresiasi Tenaga Medis dan Relawan

oleh -
Ketua DPRD Manado, Aaltje Dondokambey. (Istimewa)
MANADO – Dalam rangka memperingati hari ulang tahun (HUT) Kota Manado yang ke-397, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Manado menggelar rapat paripurna istimewa yang dilaksanakan di Ruang Rapat DPRD Manado, Selasa (14/7/2020).
Paripurna sendiri diikuti secara langsung oleh 12 legislator perwakilan dari tiap fraksi di DPRD Manado, bersama tiga pimpinan DPRD Manado, serta mewakili Pemerintah Kota (Pemkot) Manado, hadir Sekretaris Kota (Sekkot) Manado, Michler Lakat.
Adapun, Wali Kota Manado, GS Vicky Lumentut bersama Wakil Wali Kota Manado, Mor Bastiaan bersama jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) mengikuti acara tersebut dari ruang serbaguna Kota Manado dan terhubung lewat saluran video konferensi (vidcon) dengan para legislator.
Dalam pembukaan paripurna, Ketua DPRD Manado, Aaltje Dondokambey mengucapkan dirgahayu ke-397 bagi Kota Manado, dimana peringatan tahun ini diketahui mengambil tema “Bersama Torang Bisa”.
“Perayaan dan semarak sukacita pemerintah dan masyarakat Kota Manado di HUT Manado ke-397 tahun ini terasa berbeda dibandingkan tahun sebelumnya. Ini disebabkan pandemi Covid-19 yang secara global melanda dunia, khususnya Kota Manado,” ujarnya kepada peserta paripurna.
Dikesempatan yang sama, Aaltje juga terus meminta kepada seluruh elemen masyarakat untuk mematuhi seluruh himbauan dan anjuran yang telah dikeluarkan oleh Pemerintah Pusat hingga Pemkot Manado.
“Kami mendorong Pemkot Manado untuk tetap terus menggalakkan pemeriksaan, pengecekan kesehatan kepada masyarakat, dan mengadakan sosialisasi tentang pencegahan penularan Covid-19,” beber Srikandi PDIP itu.
Selain itu juga, mewakili DPRD Manado, dirinya juga memberikan penghormatan dan apresiasi kepada seluruh tim medis, dokter, perawat, juga para relawan, aparat sipil, serta TNI/Polri yang tak kenal lelah untuk terus berjuang melawan pandemi global ini.
“Kami mendukung langkah-langkah strategis Wali Kota dan Wakil Walikota Manado dan semua jajaran didalam membantu masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19, dan mendukung Pemkot Manado untuk terus menyalurkan bantuan sosial kepada masyarakat,” ungkap Aaltje.
“Pimpinan dan anggota DPRD Manado memberikan apresiasi kepada Pemkot Manado yang telah membuka secara terbatas sentra-sentra ekonomi dan bisnis yang ada di Kota Manado, agar roda perekonomian dan penciptaan lapangan kerja mulai menggiat,” tambahnya.
Kata Aaltje, hal tersebut sangat diapresiasinya, seiring dengan diberlakukannya kebiasaan baru di era “New Normal” bagi masyarakat yang mencari nafkah dan menjalani kehidupan di Ibukota Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) ini.
“Dan juga secara bersama mulai minggu ini telah dibuka rumah-rumah ibadah, gereja, masjid, pura, vihara, dan kelenteng di Kota Manado bagi seluruh masyarakat Kota Manado dalam menjalankan ibadah masing-masing dengan memperhatikan protokol kesehatan,” tuturnya. (Fernando Rumetor)