Gubernur Instruksikan BPBD Sulut Turunkan Tim dan Bantuan Logistik ke Bolsel

oleh -
Tampak, salah satu jembatan yang menjadi akses masuk ke Bolmong Selatan putus karena hantaman banjir. (Istimewa)
MANADO – Gubernur Olly Dondokambey menginstruksikan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sulawesi Utara (Sulut) untuk membantu penanganan banjir dan longsor di Kabupaten Bolmong Selatan (Bolsel).
“Iya, sesuai instruksi pak Gubernur Olly, tadi kami sudah menurunkan tim dan bantuan logistik ke lokasi banjir di Bolsel,” ungkap Kepala BPBD Sulut, Joy Oroh, Jumat (24/7/2020).
Dia menjelaskan, tim yang diturunkan telah diperlengkapi dengan sejumlah peralatan, dan akan membantu bersama proses penanganan termasuk evakuasi.
“Tim sudah menuju termasuk membawa bantuan logistik berupa paket makanan, matras, tikar, selimut dan peralatan makanan. Itu kebutuhan yang memang mendesak untuk membantu korban banjir,” tuturnya.
Oroh menyebut, pihaknya terus berkoordinasi dengan pihak BPBD Bolsel dalam hal pendataan korban, kerusakan rumah atau fasilitas umum, serta penyaluran bantuan jika sudah di lokasi.
“Kita masih menunggu data pastinya. Intinya, kita berkoordinasi bersama untuk penanganan banjir di sana. Apalagi untuk akses-akses masuk ke desa yang terdampak banjir dan longsor. Kita terus koordinasi,” pungkasnya.
Musibah banjir di Kabupaten Bolsel akibat guyuran hujan deras yang berlangsung sejak Kamis (23/7) malam.
Ribuan rumah yang berada di puluhan desa di Kabupaten Bolsel terinformasi terdampak banjir dan longsor dengan kondisi rusak berat dan ringan.
Bahkan dilaporkan juga, Sangadi atau Kepala Desa Bakida bernama Reslan Ibrahim hilang dan diduga terseret arus sungai ketika memantau kondisi daerah aliran sungai (DAS) di desanya.
Sampai berita ini diturunkan, proses pencarian korban masih terus berlangsung. (rivco/irfany).