Optimalkan Deteksi Covid-19, Gugus Tugas Sulut Datangkan Mobil PCR

oleh -
Kepala BPBD Sulut saat menjemput bantuan Mobil Bus PCR di Jakarta. (Istimewa)
MANADO – Gubernur Olly Dondokambey selaku Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 terus berkomitmen melakukan upaya menekan penyebaran virus korona.
Salah satu yang diupayakan yaitu dapat mendatangkan mobil laboratorium Polymerase Chain Reaction (PCR) untuk mengoptimalkan upaya mendeteksi masyarakat yang terpapar Covid-19.
Terbukti, upaya itu direspon pemerintah pusat dengan memberikan bantuan satu unit mobil bus lab PCR berstandar WHO dari Rajawali Foundation.
Mobil berbandrol Rp42 miliar secara simbolis diserahkan perwakilan Rajawali Foundation kepada Kepala BPBD Sulut, Joy Oroh yang disaksikan Kepala BNPB Letjen Monardo di Jakarta, Kamis (30/7/2020).
“Ini merupakan mobil PCR kedua di Indonesia yang berstandar WHO yang akan dioptimalkan untuk menjangkau kabupaten/kota di Sulut yang membutuhkan tes PCR,” ungkap Gubernur Olly Dondokambey.
Sekedar diketahui, mobil PCR ini memiliki bio safety cabinet untuk pemeriksaan sampel serta ruangan dengan negative pressure yang difiltrasi fasilitas pengaman berstandar WHO. (rivco tololiu)