Kawasan Gunung Potong Jalur Langganan Kecelakaan Lalu Lintas

oleh -
Salah satu kendaraan yang mengalami kecelakaan di kawasan gunung potong. (FOTO: Istimewa)

RATAHAN– Kawasan Hutan Gunung Potong Desa Pangu, Kecamatan Ratahan Timur Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) menjadi salah satu jalur jalan trans yang kerap terjadi kecelakaan lalu lintas.

Diketahui, dalam satu bulan terkahir, jumlah kasus kecelakaan terjadi lebih dari tiga kali dengan kasus serupa. Teranyar, sebuah mobil minibus keluar jalur dan terperosok masuk selokan.

Ongky Kountur salah satu warga Desa Pangu II mengatakan, lakalantas dikawasan gunung potong bukan hal baru lagi. Kawasan ini bahkan menjadi salah satu kawasan paling sering terjadi kecelakaan. “Dalam satu bulan terakhir saja sudah lebih dari  tiga kasus. Dua mobil terjun ke jurang sedalam 20 meter. Sementara lainnya terperosok ke selokan dan menabrak tebing,” ujarnya, Kamis (10/9/2020).

Menurut dia, kondisi jalur yang didominasi tebing, jalan berliku dan jurang terjal menjadi penyebab kecelakaan. Terlebih bagi pengendara yang belum mengenal medan. Belum lagi soal minimnya tanda lalulintas sebagai pengingat bagi para pengendara.

“Untunglah sekarang sudah dibangun guard rill atau pagar pembatas. Yang perlu ditambahkan juga adalah jalur kejut. Hal ini menjadi pengingat bagi pengendara untuk tetap fokus dan lebih berhati-hati. Demikian halnya dengan lampu lalulintas,” timpalnya. Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Mitra, Desten Katiandago pun ikut mengakui jika jalur kawasan Gunung Potong menjadi salah satu jalur rawan kecelakaan. Hal ini terlihat dari jumlah kasus signifikan setiap tahunnya. Hanya saja, terkait dengan pemasangan rambu lalu lintas, Desten mengatakan jika hal tersebut menjadi ranah provinsi. Hal ini mengingat jalur Gunung Potong adalah jalur trans provinsi.

“Kalau kita sekedar mengusulkan apa yang menjadi kebutuhan di ruas jalan tersebut. Nah untuk tahun kemarin sudah dipenuhi seperti guard rill. Ini bertahap diadakan sesuai dengan kebutuhan yang kita usulkan,” terang Desten. Sementara dari pantauan, pihak Polres Minahasa Tenggara juga ikut memasang sejumlah baliho sosialisasi menyangkut keslamatan berlalulintas. Termasuk bahaya jalur kawasan Gunung Potong dan meminta pengendara lebih berhati-hati. (Marvel Pandaleke)