Layani Swab Gratis, Mobil PCR Pemprov Mulai Beroperasi di Manado

oleh -
Mobil Lab PCR Pemprov Sulut saat melayani swab gratis di parkiran Mantos, Manado. (istimewa)
MANADO – Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw (OD-SK) terus melakukan upaya nyata dalam penanganan pandemi Covid-19 di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).
Mobil Laboratorium Polymerase Chaib Reaction (PCR) milik Pemprov Sulut mulai beroperasi di Kota Manado.
Mobil lab PCR tersebut merupakan hasil lobi Gubernur Olly Dondokambey ke pemerintah pusat untuk memaksimalkan penanganan Covid-19 di daerah ini.
Terpantau, mobil lab PCR melayani masyarakat yang ingin melakukan swab di tempat parkir pusat perbelanjaan Manado Town Square (Mantos), Senin malam (21/9/).
Pelayanan swab gratis tersebut mendapat antusias besar dari masyarakat yang ingin melakukan pemeriksaan.
“Luar biasa, karena warga yang ingin swab bisa langsung ke mobil lab PCR. Apalagi swabnya gratis. Saya juga tadi sudah periksa,” ungkap Servie Rawung, warga Minahasa yang berdomisil di Bahu, Malalayang.
Dia menyebut, adanya mobil lab PCR akan sangat membantu dalam upaya menekan penyebaran Covid-19 di Bumi Nyiur Melambai.
“Salut bagi pak Gubernur yang boleh hadirkan mobil lab PCR canggih ini,” tuturnya.
Kepala Dinas Kesehatan Daerah (Dinkesda) Provinsi Sulut, dr Debie Kalalo mengatakan, hadirnya mobil lab PCR sangat membantu penanganan Covid-19.
Pelayanan swab gratis, kata Kalalo, merupakan bukti nyata Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw dalam upaya melindungi masyarakatnya dari ancaman Covid-19.
“Pemprov Sulut terus berupaya menekan penyebaran virus corona. Salah satunya dengan meningkatkan kapasitas pemeriksaan laboratorium RT PCR hingga nanti menjadi 4.000 sampel setiap harinya,” jelas Kalalo, Selasa (22/9/2020).
Kalalo menambahkan, upaya mengendalikan Covid-19 tentunya butuh peran aktif dari semua elemen masyarakat.
“Kita harus kerja bersama yaitu mematuhi protokol kesehatan. Rajin cuci tangan, pakai masker, jaga jarak dan hindari keramaian. Itu kunci untuk menekan penyebaran Covid-19,” tandasnya. (rivco tololiu)