Solusi Atasi Sampah di Manado, Wagub Groundbreaking Pembangunan TPA Regional

oleh -
Wakil Gubernur Steven Kandouw dalam kegiatan groundbreaking pembangunan TPA Regional Mamitarang di Desa Wori, Minut. (istimewa)
MANADO – Wakil Gubernur Steven Kandouw melakukan groundbreaking atau peletakan batu pertama pembangunan tempat pembuangan akhir (TPA) Regional Mamitarang di Desa Wori, Kecamatan Wori, Kabupaten Minahasa Utara (Minut), Kamis (24/9/2020).
TPA regional ini merupakan solusi mengatasi persoalan sampah di Kota Manado. TPA raksasa ini juga akan menampung sampah dari Kabupaten Minahasa Utara (Minut), Minahasa dan Kota Bitung.
Kandouw optimis pembangunan TPA regional tersebut berjalan lancar karena didukung dengan perencanaan matang, koordinasi dan pengawasan optimal.
“Pokonya saya yakin dan percaya tidak ada yang bisa diselesaikan tanpa koordinasi. Mudah-mudahan sukses perencanaannya, sukses pelaksanannya, sukses pengawasan, sukses pertanggungjawaban dan sukses operasional,” kata Kandouw.
Mantan Ketua DPRD Sulut ini mengimbau masyarakat, agar tidak kuatir terhadap pembangunan TPA tersebut karena dibangun dengan teknologi modern ramah lingkungan.
“Jadi masyarakat tidak usah takut, bahwa anda juga nanti akan terlibat mendapatkan manfaat,” tuturnya.
Kandouw juga mengajak semua stakeholder di kabupaten/kota untuk terus mensosialisasikan pentingnya menjaga lingkungan kepada masyarakat.
“Mudah-mudahan langkah kita hari ini mencerahkan masyarakat dan memberi kesekahteraan untuk kita semua,” imbuhnya.
Sekedar diketahui, TPA regional seluas 30 hektare (ha) ini, bagian dari sistem sanitasi perkotaan seiring dengan peningkatan jumlah penduduk dan produksi sampah rumah tangga dari masyarakat. (rivco tololiu)