Genjot Investasi, Olly Bertekat Wujudkan Pembangunan Tol hingga Minsel dan Bolmong

oleh -
Olly Dondokambey, Cagub Sulut. (foto: istimewa)

MANADO – Mendatangkan banyak investasi ke Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) mesti ditunjang dengan infrasktruktur yang memadai seperti jalan tol.

Kehadiran tol Manado-Bitung yang diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) belum lama ini, bertujuan membuka akses perekonomian yang terhubung ke Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Bitung dan KEK Pariwisata Likupang.

Olly Dondokambey, calon gubernur (Cagub) Sulut ternyata mempunyai obsesi besar untuk menyambungkan jalan tol dari Bitung, Manado hingga Minahasa Selatan (Minsel), bahkan sampai Bolaang Mongondow (Bolmong).

“Rencana ke depan kita akan sambungkan sampai wilayah Bolmong,” ungkap Olly Dondokambey menjawab potensi akselerasi jalan tol di Sulut ketika diwawancarai CNN Indonesia dalam siaran live “Leaders Corner”, Kamis (8/10) lalu.

Diakui Olly, kehadiran jalan tol Manado-Bitung yang pertama di Sulut, sempat dianggap mahal bagi sebagian orang. Namun dia mengatakan, aksesibilitas tol ini, memiliki daya tarik untuk mendatangkan investasi besar bagi Bumi Nyiur Melambai.

“Ini akan menarik investasi besar. Sebab investor akan melihat dulu transportrasi, ketersediaan energy. Baru kemudian mereka akan berinvestasi. Dan tol Manado–Bitung sangat strategis karena pintu keluarnya menghadap langsung dengan kawasan industrial,” katanya.

“Ini sangat menopang dari segi transportasi. Dari kapal ke pusat kota, dan terus ke Bolmong nantinya,” sambungnya.

Olly menyatakan, rencana pihaknya adalah menyambungkan sampai Minsel dan terus ke Totabuan.

”Sehingga 12 kabupaten/kota di daratan Sulut bisa terjangkau jalan tol. Ini akan berdampak sangat baik ke depan, dimana industri, pertanian akan sangat mudah dijangkau dalam akses ke pelabuhan Bitung nantinya,” tandasnya. (rivco tololiu)