Dugaan Pelanggaran Etik Penyelenggara Pemilu Bisa Lapor ke Bawaslu Sulut dan Kabupaten/Kota

oleh -
Ketua DKPP Prof Muhammad. (Ist)

MANADO- Ketua Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) RI Prof Muhammad menegaskan untuk masyarakat yang ingin melaporkan dugaan pelanggaran etik penyelenggara pemilu bisa melalui website dkpp.go.id atau ke Bawaslu Provinsi dan Kabupaten/Kota.

“Sekarang era teknologi kita gunakan asas pemilu efesien, bagi masyarakat ingin melapor bisa kunjungi website dkpp.go.id lalu pilih daftar aduan langsung ada formatnya, templatenya ada tinggal disini tidak perlu ke Jakarta,” tegas Prof Muhammad, saat kegiatan Ngobrol Etik Penyelenggara Pemilu (Ngetren) dengan media, Jumat (6/11/2020).

Ngobrol Etika Penyelenggara Pemilu Dengan Media di Manado, Sulawesi Utara, Jumat (6/11/2020), malam. (FOTO: Istimewa)

Menurut dia, masyarakat juga bisa juga dugaan pelanggaran etik itu dilaporkan ke kantor Bawaslu Kabupaten/Kota atau Provinsi karena teman-teman Bawaslu itu punya form A untuk meneruskan ke DKPP.

“Jadi kalau biasanya itu diadukan pelanggaran etik Bawaslu sudah punya form dalam peraturan Bawaslu untuk meneruskan ke DKPP,” tegas dia.

Sementara itu, Narasumber Ngetren dari Pegiat Pemilu dan media Ferry Liando mengatakan, DKPP tidak bisa memperkarakan kalau tidak ada aduan laporan.

Narasumber, Pegiat Pemilu dan Media, Ferry Liando (FOTO: Istimewa)

“Mungkin banyak yang ingin melapor tapi tidak tahu kemana. Sudah disampaikan oleh Ketua DKPP untuk masyarakat yang ingin melapor bisa melalui website dan ada boleh ke Bawaslu. Padahal secara kasat mata kita melihat banyak potensi dugaan pelanggaran etik,” pungkas dia.

Turut hadir, Ketua DKPP Prof Muhammad, Anggota DKPP Prof. Teguh Prasetyo, Ketua AJI Manado Yinthze Lynvia Gunde, Pegiat Pemilu dan Media Ferry Liando dengan moderator Mardia Sukma Holle.

Diketahui, untuk pelaporan melalui website sudah berlaku sejak 23 Maret 2020 penyampaian pengaduan atau laporan dapat disampaikan melalui email bag.pengaduan@gkpp.go.id atau ke nomor handphone 0812 9288 3330. Untuk persyaratan umum bisa disampaikan melalui tudkpp@dkpp.go.id . Pelayanan sendiri dibuka pada hari kerja Senin sampai dengan Jumat Pukul 08.00 – 16.00 WIB. (valentino warouw)