Ikut Rakornas Penanggulangan Bencana, Humiang: Presiden Tekankan Pentingnya Apsek Mitigasi

oleh -
Asisten I Setdaprov Sulut Edison Humiang bersama Forkopimda Sulut dan Forkopimda Sulut serta stakeholder terkait mengikuti Rakornas Penanggulangan Bencana tahun 2021 secara virtual di Kantro Gubernur Sulut. (istimewa)

MANADO – Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey diwakili Asisten I Setdaprov Sulut, Edison Humiang mengikuti Rakornas Penanggulangan Bencana tahun 2021 secara virtual yang dibuka langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dari Istana Negara, Rabu (3/3/2021).

Humiang mengatakan, Presiden Jokowi menekankan pentingnya aspek mitigasi atau pencegahan sebagai kunci utama dalam mengurangi risiko bencana.

“Presiden meminta jajaran terkait untuk mempersiapkan langkah antisipasi bencana secara terencana dan detail. Kebijakan nasional dan kebijakan daerah harus sensitif terhadap kerawanan bencana,” ucap Humiang mengutip penyampaian Kepala Negara.

Dalam sambutannya, lanjut Humiang, Presiden Jokowi menyampaikan apresiasi atas peran besar yang diambil oleh jajaran Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dalam menangani bencana yang telah terjadi di Indonesia.

“Begitu juga terkait pandemi Covid-19, Presiden menegaskan bahwa penanganan pada sisi kesehatan dan ekonomi harus diselesaikan dalam waktu yang bersamaan,” tuturnya.

Selain itu, tambah Humiang, Kepala Negara juga mengaskan agar Rencana Induk Penanggulangan Bencana (RIPB) 2020-2024 yang tertuang dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 87 Tahun 2020 , diturunkan ke dalam kebijakan dan perencanaan, termasuk tata ruang, yang sensitif dan memperhatikan aspek kerawanan bencana. (rivco tololiu)

 

No More Posts Available.

No more pages to load.