Pastikan Bebas Covid-19, 90 Calon Paskibraka Manado Di-swab Test Antigen Sebelum Ikuti Seleksi

oleh
Tampak swab test antigen bagi calon Paskibraka Kota Manado yang dipantau langsung Ketua Tim Seleksi Sterry Andih (kiri), Senin (15/3/2021). (sindomanado.com/fernando rumetor)

MANADO — Para calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kota Manado mulai menjalani tahapan seleksi berupa tes secara langsung di Lapangan Kantor Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sulawesi Utara (Sulut), Senin (15/3/2021).

Sekira 90 calon Paskibraka pun telah terpilih setelah melalui hasil seleksi tahap pertama yang diambil dari setiap rayon. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yang diambil dari tiap SMA, untuk 2021 ini, para calon Paskibraka diambil dari tiap rayon yang terdiri dari beberapa SMA.

“Karena masih dalam masa pandemi Covid-19, tahapan-tahapan seleksi calon Paskibraka ini kita ambil dari tiap rayon yang sudah ditentukan,” ujar Ketua Tim Seleksi Paskibraka Kota Manado, Sterry Andih kepada KORAN SINDO MANADO, kemarin.

Para calon pun sudah melalui tahapan tes psikotes pada Sabtu (13/3) lalu. Kemudian hari ini, mereka mulai melalui tahapan tes terkait pengetahuan umum dan seni budaya, tes wawancara serta tes kesehatan.

“Untuk psikotes itu kita ambil dari ahli di bidangnya yang dipimpin ibu doktor Preysi Siby dan untuk tes terkait pengetahuan umum kita ambil tim dari Diknas Provinsi. Kita mulai dengan tes wawancara untuk melihat sikap perilaku dan intelegensi para calon Paskibra,” jelasnya.

Menariknya, sebelum dilakukan tes wawancara itu, para calon Paskibraka terlebih dahulu menjalani tes kesehatan berupa uji swab antigen untuk memastikan para calon Paskibraka bebas dari Covid-19. “Itu ada 45 putri 45 putra yang kita lakukan uji swab antigen,” terang Sterry.

Selanjutnya, para calon Paskibraka Manado akan melewati tes kesamaptaan dan peraturan baris berbaris (PBB) pada Selasa (16/3) ini, serta Rabu (17/3/2021) akan dilakukan tahapan tes pantohir.

“Dari seluruh tahapan itu, kita akan memilih sebanyak 30 putra dan 30 putri, ditambah satu pasang putra putri untuk ke nasional, jadi totalnya 62 orang. Selanjutnya, mereka masuk tahapan pelatihan untuk dipersiapkan bertugas di hari H tanggal 17 Agustus nanti,” papar Sterry.

Kendati demikian, pihaknya tetap akan melihat situasi perkembangan Covid-19 ke depan. “Kita akan melihat kebijakan apa yang akan diambil pemerintah. Saat ini kita tetap persiapkan para calon Paskibraka ini,” kuncinya. (fernando rumetor/get)