Termasuk Indonesia, 17 Negara Tunda Penggunaan Vaksin AstraZeneca

oleh
Setidaknya 17 negara, termasuk Indonesia, menunda penggunaan vaksin COVID-19 AstraZeneca. (Foto: istimewa)

JAKARTA – Setidaknya ada 17 negara yang menangguhkan atau menunda penggunaan vaksin COVID-19 AstraZeneca setelah adanya laporan pembekuan darah pada orang yang telah menerima suntikan. Langkah ini diambil meski Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengimbau pemerintah untuk tidak menghentikan kampanye vaksinasi.

Regulator obat-obatan Eropa, yang sedang meninjau masalah ini, akan mengumumkan temuannya pada hari ini Kamis (17/3/2021) setelah membahas informasi yang dikumpulkan mengenai apakah vaksin berkontribusi pada peristiwa pembekuan darah pada mereka yang diinokulasi. Pihaknya terus percaya bahwa manfaat vaksin lebih besar daripada risikonya.

“Jumlah kejadian tromboemboli pada orang yang divaksinasi tidak lebih tinggi dari jumlah yang terlihat pada populasi umum,” kata Badan Obat Eropa.

Pada 10 Maret, 30 kasus kejadian tromboemboli telah dilaporkan di antara hampir 5 juta orang yang divaksinasi dengan vaksin AstraZeneca di Wilayah Ekonomi Eropa.

“Lebih dari 300 juta dosis vaksin COVID-19 telah diberikan pada 12 Maret dan tidak ada kasus kematian yang ditemukan akibatnya,” kata WHO pada Senin lalu.

“Lebih dari 10 juta orang di Inggris Raya telah menerima vaksin AstraZeneca, yang dikembangkan bersama Universitas Oxford, tanpa bukti terkait kejadian buruk yang serius,” katanya.

Di bawah ini adalah daftar negara yang memutuskan untuk menangguhkan penggunaan vaksin AstraZeneca seperti dikutip dari Al Arabiya:

Austria: Menangguhkan penggunaan satu batch vaksin pada 7 Maret setelah kematian satu orang dan penyakit lainnya. Batch itu dikirim ke 17 negara Uni Eropa (UE).

Bulgaria: Menghentikan inokulasi dengan vaksin AstraZeneca sampai regulator Eropa mengirimkan pernyataan tertulis yang menghilangkan semua keraguan tentang keamanan.

Siprus: Vaksinasi ditangguhkan pada hari Senin menunggu tinjauan dari European Medicines Agency (EMA).

Denmark: Pada hari Kamis, menangguhkan penggunaan vaksin AstraZeneca selama dua minggu setelah melaporkan gejala “sangat tidak biasa” pada warga negara berusia 60 tahun yang meninggal karena pembekuan darah setelah menerima vaksin.

Prancis: Akan berhenti memberikan vaksin menunggu penilaian dari regulator obat-obatan Eropa.

Jerman: Pada tanggal 15 Maret, jeda penggunaan vaksin sebagai “pencegahan”.

Islandia: Penggunaan vaksin ditangguhkan pada 11 Maret setelah dihentikan oleh Norwegia dan menunggu hasil investigasi oleh regulator Eropa.

Indonesia: Menunda pemberian vaksin pada 15 Maret sambil menunggu tinjauan WHO.

Irlandia: Untuk sementara menghentikan vaksinasi karena terlalu berhati-hati pada hari Minggu, menunggu informasi lebih lanjut dari regulator Eropa.

Italia: Menghentikan penggunaan pada 15 Maret sebagai tindakan pencegahan dan sementara sambil menunggu keputusan regulator UE. Sebelumnya, tiga kelompok vaksin yang berbeda (ABV2856, AV6096 dan ABV5811) telah ditangguhkan di berbagai wilayah.

Latvia: Badan kesehatan pemerintah Latvia pada hari Selasa mengumumkan penangguhan sementara penggunaan vaksin hingga dua minggu.

Swedia: Menjeda vaksinasi COVID-19 menggunakan vaksin AstraZeneca sebagai tindakan pencegahan.

Belanda: Pemerintah menunda program vaksinasi pada hari Minggu karena efek samping di negara lain. Pada hari Senin, mereka melaporkan 10 kasus efek samping yang merugikan dari vaksin tersebut.

Norwegia: Menghentikan peluncuran vaksin pada 11 Maret, dan kemudian mengatakan tiga petugas kesehatan sedang dirawat karena pendarahan, pembekuan darah dan jumlah trombosit yang rendah. Salah satu individu telah meninggal, kata pihak berwenang.

Rumania: Untuk sementara menghentikan vaksinasi orang dengan satu batch vaksin pada 11 Maret.

Spanyol: Pada hari Senin, Menteri Kesehatan negara itu mengatakan Spanyol akan berhenti menggunakan vaksin AstraZeneca setidaknya selama dua minggu, setelah empat wilayah menghentikan pemberian dosis dari satu batch.

Thailand: Melanjutkan vaksin pada 15 Maret, setelah menunda peluncurannya minggu lalu.

Venezuela: Venezuela tidak akan mengizinkan vaksin tersebut, dengan alasan “efeknya pada pasien”.

(Sumber: sindonews.com)