Tilang Manual Tetap Dilakukan, Kapolresta Manado Warning Kendaraan Tak Ada Plat Nomor dan Knalpot Bising

oleh -
Kapolresta Manado Kombes Pol Elvianus Laoli. (FOTO: Istimewa)

MANADO – Meskipun tilang elektronik atau ETLE telah diperlakukan di Kota Manado, namun pelanggaran lalu lintas semakin banyak. Terlebih khusus kendaraan roda empat yang terpantau media ini kebanyakan saat ini mencabut pelat nomor polisi bagian belakang.

Menanggapi hal tersebut, Kapolresta Manado Kombes Pol Elvianus Laoli mengatakan bahwa pihaknya tetap melakukan penindakan manual. “Tilang manual tetap kami lakukan, karena banyak pelanggaran yang saat ini dilakukan pengendara. Jadi kami akan menindak terhadap kendaraan roda empat yang mencabut plat nomor,” tegas Kapolresta, Selasa (30/3/2021), saat jumpa pers dengan awak media di Pondok Nego, Kota Manado.

Lanjut dia, hal itu dilakukan demi mencegah terjadinya penyalahgunaan kendaraan roda empat yang mencabut pelat belakang. “Bukan hanya itu, kami juga akan menindaklanjuti terhadap roda dua yang memakai knalpot bising (racing),” ujar Kapolresta. Diketahui, dasar hukumnya ada pada Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. “Saya akan perintahkan ke Kasat Lantas untuk menindak bagi para pelanggar lalu lintas yang meresahkan pengguna jalan,” kata Kapolresta. Kesempatan itu, Kapolresta Manado mengimbau agar pengguna jalan terap mematuhi aturan yang ada. (Deidy Wuisan)