Tingkatkan Daya Saing di Era Globalisasi, Dispora Bekali Pemuda Pelopor Kota Manado

oleh -
Foto bersama Sekkot Micler Lakat (tengah) dengan para narasumber serta perwakilan peserta sosialisasi dan pemantapan Pemuda Pelopor Kota Manado di Hotel Grand Whiz Manado, Kamis (15/4/2021). (ist)

MANADO — Negara Kesatuan Republik Indonesia saat ini dihadapkan pada tantangan untuk memperkuat karakter dan jati diri pemuda di era globalisasi dan meningkatkan daya saing pemuda untuk menghadapi peluang bonus demografi 2020-2035, Asian Free Trade Area, Asian Economic Community dan Era Revolusi Industry 4.0

Untuk itu, Pemerintah Kota Manado melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Manado untuk membekali para pemuda pelopor di Kota Manado lewat sosialisasi dan pemantapan Pemuda Pelopor di Kota Manado di Hotel Grand Whiz Manado, Kamis (15/4/2021).

Sekretaris Kota (Sekkot) Manado Micler Lakat dalam sambutannya, mengapresiasi kegiatan yang digagas Dispora ini. “Pemuda adalah tulang punggung pembangunan Kota Manado ke depan. Sehingga wajib dibekali agar bisa terus bersaing di era globalisasi yang kian ketat ini,” ujar Micler saat membuka sosialisasi tersebut.

Sementara itu, Kepala Dispora Kota Manado Tony Mamahit mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan untuk membuka cara pandangan atau mind set serta wawasan para pemuda di Kota Manado tentang keadaan dunia yang sebenarnya. “Pemuda pelopor harus bisa menciptakan inovasi terbaru sehingga mampu bersaing di tengah era globalisasi,” ujar Mamahit.

Menurut Mamahit, Pemkot Manado dalam menghadapi tantangan di era globalisasi ini membuka kesempatan seluas-luasnya bagi pemuda untuk beperan aktif dalam pembangunan disegala aspek kehidupan masyarakat, bangsa dan negara. “Kami terus berupaya untuk menumbuh kembangkan kepeloporan di kalangan pemuda lewat koordinasi, sinkronisasi dan pengembangan peningkatan daya saing pemuda,” beber Mamahit.

Kepala Bidang Kepemudaan Dispora Kota Manado Viktor Sinjal menambahkan, kegiatan ini diharapkan dapat menggelorakan kepeloporan di kalangan pemuda dan bisa menemukan pemuda yang berkemampuan melakukan terobosan, menjawab tantangan dan memberikan jalan keluar atas berbagai masalah dan meningkatkan jiwa nasionalisme serta memperkuat ideologi Pancasila. “Kami berharap tersedianya calon pemuda pelopor yang memiliki potensi kepeloporan dalam bidang-bidang yang telah ditetapkan dan meningkatkan potensi kepeloporan pemuda dalam berbagai bidang berbasis isu-isu strategis dan sumber daya lokas,” pungkas Sinjal.

Hadir sebagai pembicara dari Akademisi Unsrat Manado, Organisasi Kemasyarakatan Pemuda serta Dispora Sulut dan dihadiri para utusan dari OKP dan perwakilan pemuda dari setiap kecamatan di Kota Manado. (kimgerry)