Curah Hujan Tinggi Sebabkan 4 Titik Longsor di Minahasa

oleh -
Salah satu jalan di Desa Palamba tertimbun longsor (Foto: istimewa)

TONDANO – Pasca Hujan Deras yang menerjang Wilayah Kabupaten Minahasa dari kemarin malam hingga siang tadi (17/5/2021), menimbulkan Bencana Alam seperti tanah longsong di beberapa titik di Kabupaten Minahasa.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Minahasa Nofry Lontaan kepada Koran Sindo Manado mengatakan Tim Reaksi Cepat dari BPBD Kabupaten Minahasa sementara melakukan penanganan untuk mengangkat tanah longsor dengan menggunakan alat berat.

“Titik longsor berada di jalur jalan Langowan-Palemba Desa Atep, jalur jalan Simbel- Wailang dan Desa Wailang ada beberapa rumah terdampak tanah longsor, jalur jalan Desa Kali Selatan, jalur jalan Tondano Marawas dan Makawembeng. Sementara dari longsor tadi tidak ada korban jiwa,” ungkap Lontaan.

Lontaan mengaku Dinas BPBD hanya memiliki alat berat terbatas sehingga pihaknya melakukan penanganan secara bertahap.

“Rencananya kita akan meminta bantuan dari dinas terkait untuk meminjam alat berat seperti Dinas Pekerjaan Umum tapi itu situasional jika memang keadaan sudah urgent baru kita akan meminjam, saat ini kita masih menggunakan alat seadanya saja,” ujar Lontaan.

“Selain mengamankan lokasi longsor, saya juga sudah memerintahkan untuk tim reaksi cepat yang lain untuk melakukan pemeriksaan di lokasi-lokasi rawan longsor untuk Daerah Minahasa, sehingga jika ada terjadi longsor sudah ada tim yang siap di lokasi,” tambah Lontaan.

Lontaan juga mengimbau bagi masyarakat untuk tetap siaga menghadapi untuk mengahadap cuaca ekstrim.

“Dengan adanya itensitas curah hujan yang cukup tinggi sehingga dapat menimbulkan banjir serta tanah longsor, jadi diharapkan untuk warga agar tetap selalu waspada menghadapi musim penghujan, apalagi untuk warga yang tinggal di daerah lereng bukit atau warga yang tinggal berdekatan dengan bantaran sungai, saran dari kami agar warga bisa mengevakusi diri ke tempat yang lebih aman,” kata Lontaan.

“Sementara untuk daerah-daerah yang rawan longsor yang ada di Kabupaten Minahasa seperti Kecamatan Tombulu, Kecamatan Langowan Selatan, Kecamatan Lembean Timur, Kecamatan Kakas. Jadi untuk warga yang biasa melintas diwilayah ini agar lebih berhati-hati apalagi saat dalam situasi hujan deras,” tutup Lontaan.

(KORAN SINDO MANADO/Michael Tumbelaka)