Dinkes Mitra Targetkan 600 Orang Divaksin Per Hari, Warga Menolak Ada Sanksinya

oleh -
Kepala Dinas Kesehatan, Helny Ratuliu. (Foto:Ist)

RATAHAN-Dinas Kesehatan Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) menargetkan 600 warga dapat divaksin Covid-19 setiap harinya. Hanya saja target tersebut masih jauh dari harapan dimana realisasi dilapangan didapati baru sekira 40-50 Persen atau sekira 200 hingga 300 warga.

“Target kami di lapangan masih jauh. Setiap harinya hanya sekira 200-300 warga yang di Vaksin. Targetnya 600 warga. Padahal petugas kesehatan sudah turun hingga di desa-desa,” ujar Kepala Dinas Kesehatan, Helny Ratuliu dalam rapat evaluasi jajaran Pemerintah Kabupaten Mitra di Kantor Bupati, Kamis 17/6/2021.

Dirinya kemudian meminta dalam pelaksanaan vaksinasi ini bisa didukung penuh oleh pemerintah diwilayah kecamatan hingga pemerintah desa untuk mensosialisasikan.

“Harus secara masif mensosialisasikan ke warga. Sebab bisa jadi soal kekurangan informasi bagi warga,” ujar Helny

Dirinya ikut menegaskan jika vaksinasi Covid-19 ini menjadi hal wajib bagi semua warga. Bahkan dijelaskan Helny, sebagaimana Peraturan Presiden (Perpres) no 14 Tahun 2021, warga yang menolak divaksin ada sanksinya.

“Kalau menolak divaksin, dalam Perpres diatur jika warga tidak akan mendapatkan layananan jaminan sosial. Selain itu warga juga tidak akan dilayani untuk pengurusan administrasi layanan pemerintahan. Selanjutnya juga akan ada denda,” tegas Helny.

(Marfel Pandaleke)