Maurits Mantiri Ajak Petani Giat Berkebun untuk Tingkatkan Perekonomian

oleh -
Wali Kota Bitung Maurits Mantiri saat panen hasil pertanian. (FOTO: Istimewa)

BITUNG – Wali Kota Bitung Maurits Mantiri mengajak para petani yang ada di Kota Bitung agar giat berkebun. Ajakan ini bertujuan bisa membuat masyarakat produktif dan turut serta dalam peningkatan ekonomi masyarakat di tengah pandemi Covid-19.

“Petani harus memanfaatkan lahan mulai dari pekarangan rumah hingga lahan kosong untuk berkebun,” kata Maurits, saat mengikuti kegiatan panen jagung dan bawang merah di Kecamatan Matuari, Jumat (09/07/2021).

Pada kesempatan tersebut, Wali Kota melakukan panen bersama para petani dan berdialog langsung dengan para petani mendengarkan keluhan mereka. “Salah satu kendala yang sampai saat ini masih dialami oleh para petani adalah permodalan dan akses di perbankan,” beber Maurits.

Oleh karena itu, lanjut Wali Kota mengungkapkan, kendala para petani langsung direspon dengan mengarahkan Asisten II dan Kepala Dinas Pertanian Bitung untuk segera mempelajari skema offtaker agar bisa membantu permodalan petani. “Persoalan seperti ini harus diselesaikan. Bung Karno sering menyampaikan tentang kaum Marhaen. Contohnya adalah kelompok petani seperti ini, kaum kecil yang butuh diperhatikan khusus,” ucapnya lagi.

Lebih jauh, Maurits menambahkan, agar warga tetap patuh pada protokol kesehatan dengan menerapkan 3M. “Memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan merupakan salah satu upaya terbaik untuk mencegah penyebaran Covid-19,” pungkasnya. (Jackmar Tamahari)