TK Kristen Rehobot Manado: Tetap Semangat di Tengah Pandemi Covid-19

oleh
Siswa dan siswi TK Kristen Rehobot Manado. (FOTO: Istimewa)

MANADO- Pembelajaran online tidak menjadi penghalang bagi Yayasan Terang Bagi Manado, khususnya TK Kristen Rehobot untuk merayakan Hari Raya Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-76.

Di tengah keterbatasan tatap muka, para guru tetap mengajarkan dan membimbing anak-anak untuk mengenal dan mencintai Tanah Air Indonesia. Kepala Sekolah TK Kristen Rehobot Titien Dwiprihaniwati mengatakan, pandemi Covid-19 tidak kami jadikan penghalang untuk tetap menjalankan tugas sebagai pendidik. Terlebih bagi anak-anak di PAUD dan TK, sebisa mungkin ditanamkan nilai-nilai kebangsaan dan rasa cinta Tanah Air.

“Untuk 2021, kami juga mengadakan berbagai macam lomba kreatif yang akan dilaksanakan melalui Aplikasi Zoom Meeting,” terangnya. Lanjut dia, lomba tersebut antara lain Foto Kreatif keluarga dengan tema “Kemerdekaan di tengah Pandemi Covid-19″, lomba menyanyi lagu nasional, lomba fashion show kostum kemerdekaan, hingga lomba Tiktok kemerdekaan. “Mekanisme perlombaan, semua dilaksanakan di rumah masing-masing pada Kamis (19/8/2021) nanti akan kami adakan Zoom bersama sekaligus menentukan pemenang lomba,” ujarnya.

Diketahui, memasuki Agustus TK Rehobot mulai mengajarkan anak-anak tentang Tanah Air Indonesia. Di mulai dari mengenal lambang dan dasar negara, lagu-lagu kebangsaan hingga menghafalkan Pancasila dalam konsep yang mudah dipahami anak-anak.

Salah satu orang tua murid, Harino Rindengan memberikan apresiasi terhadap semangat guru-guru PAUD maupun TK Yayasan Rehobot.
“Menanamkan jiwa nasionalis memang harus sedini mungkin agar anak-anak mencintai bangsa dan negara,” ujarnya.

Orang tua murid lainnya, Reinaldo Tamon juga mengatakan bahwa anaknya Emmanuella Tamon, meskipun belum paham sepenuhnya tentang Kemerdekaan Indonesia, namun telah belauar menghafalkan Lagu Hari Merdeka dan Garuda Pancasila. “Setidaknya, mereka telah diajarkan bagaimana mencintai Bangsa Indonesia sejak dini, menanamkan nilai-nilai kebangsaan,” ucapnya. (Redaksi)