Pimpin Upacara Peringatan HBN ke-73, Wagub Steven Kandouw Bacakan Sambutan Presiden RI

oleh
Wagub Steven Kandouw saat membacakan sambutan Presiden Joko Widodo. (foto: istimewa)

MANADO – Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) memperingati Hari Bela Negara (HBN) ke-73 dengan menggelar upacara di Aula Mapalus, Kantor Gubernur Sulut, Senin (20/12/2021).

Upacara tersebut dipimpin Wakil Gubernur (Wagub) Steven Kandouw yang juga membacakan sambutan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

Lewat amanatnya, Kepal Negara mengajak seluruh rakyat bersama-sama menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dengan semangat bela negara.

Kobaran semangat ini tentu berasal dari seluruh komponen bangsa mulai dari prajurit TNI, polisi, pegawai, petani, pedagang kecil, nelayan, ulama, santri, mahasiswa, pekerja, buruh, dan elemen rakyat lainnya,” ujar Kandouw saat membacakan sambutan Jokowi.

Presiden juga mengimbau agar HBN tahun 2021 menjadi momentum meningkatkan semangat bersama dalam membela negara dan membangun bangsa.

Salah satu wujudnya adalah bahu-membahu menghadapi pandemi Covid-19 dan memanfaatkan kesulitan menjadi sebuah lompatan kemajuan.

“Tantangan yang kita hadapi tidaklah mudah. Situasi ini memerlukan daya juang kita sebagai bangsa, yang memerlukan kerja keras bersama agar mampu melewati masa sulit ini. Semua negara tengah berlomba-lomba menjadi pemenang dalam perang melawan Covid-19,” pesan Presiden.

Kepala Negara mengingatkan agar semua elemen memperkokoh tali persatuan dan persaudaraan, saling membantu, menolong dan selalu optimis menghadapi tantangan yang menghadang.

Sekedar diketahui, peringatan Hari Bela Negara kali ini bertema ‘Semangat Bela Negaraku, Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh’.

Tema tersebut bertujuan mengajak warga negara terus mengobarkan dan mengimplementasikan sikap rela berkorban demi bangsa dan negara serta tetap tumbuh bersama menuju Indonesia maju. (rivco tololiu)