Begini Cara Ibu PKK di Ratahan Timur Rayakan Hari Kartini

oleh -30 Dilihat
Lomba Goyang dan Lagu ala Ibu PKK Ratahan Timur di Hari Kartini. (Foto: Ist)

RATAHAN-Beragam kegiatan dilakukan masyarakat Indonesia khususnya kaum perempuan untuk memperingati Hari Kartini. Nah bagaimana perayaannya di Minahasa Tenggara (Mitra)?.

Ada cara unik para Ibu PKK di Kecamatan Ratahan Timur, Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra). Mereka memoles wajah dan tampil berkebaya anggun. Bukan untuk fashion, akan tetapi justru dengan bersolek ala Kartini, mereka menggelar lomba Insos Kofiau.

Lomba tari dan gerak kekinian khas masyarakat timur ini, diikuti antusias bahkan sangat menghibur. Setiap Desa diwilayah kecamatan Ratahan Timur diwajibkan untuk tampil dengan kreasi masing-masing.

Camat Ratahan Timur Meita Ompi menuturkan jika lomba kali ini adalah salah satu upaya merawat kebersamaan dari para ibu PKK di hari kartini.

“Ini bentuk ekspresfitas para wanita khususnya ibu PKK. Kita memaknai hari Kartini dengan sukacita dan memberikan pertunjukan hiburan rakyat,” ujar Ompi.

Plt Hukum Tua Desa Pangu II, Helmy Antou dalam kesempatan tersebut mengungkapkan jika persiapan hari Kartini dilakukan para Ibu PKK ini sangat antusias. Bahkan untuk berdandan dan latihan tari untuk agar tampil apik dan memukau, mereka meluangkan waktu lama.

“Ini mungkin cara ibu-ibu modern berkreasi,” timpalnya.

(Marfel Pandaleke)