Cuaca Ekstrim Melanda Sulut, PLN UID Suluttenggo Sigap Jaga Pasokan Listrik

oleh
Tim recovery PLN terus berupaya secepatnya untuk melakukan penormalan sistem kelistrikan, sehingga aktivitas masyarakat dapat kembali pulih. (FOTO: istimewa)

MANADO – Cuaca ekstrem sejak satu pekan terakhir, terjadi di beberapa wilayah yang ada di Sulawesi Utara. Bahkan pada Minggu (21/1/2024) sejak dini hari, hujan lebat terus mengguyur Kota Manado dan sekitarnya.

Beberapa daerah terdampak cuaca esktrem di antaranya Kota Manado, Kabupaten Minahasa, Kabupaten Minahasa Utara, Kabupaten Minahasa Selatan, Kabupaten Kepulaun Sangihe, Sitaro dan Talaud. Hujan lebat disertai angin turut mengakibatkan pohon tumbang, banjir, dan tanah longsor.

Hal ini juga turut mengakibatkan terhentinya suplai listrik sementara di beberapa wilayah. General Manager PLN Unit Induk Distribusi Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah dan Gorontalo (UID Suluttenggo), Ari Dartomo menjelaskan bahwa kondisi cuaca saat ini sangat berdampak pada sistem kelistrikan yang ada.

“Terutama ketika hujan deras disertai dengan angin yang kencang, untuk itu diperlukan upaya ekstra untuk dapat memastikan minimnya gangguan yang muncul,” jelas Dartomo.

Dartomo juga menyampaikan permohonan maaf atas gangguan kelistrikan yang terjadi saat cuaca ekstrem saat ini, dan pihaknya akan segera melakukan identifikasi sumber gangguan dan melakukan berbagai upaya pengamanan dan upaya penormalan pada daerah terdampak.

“PLN memohon maaf atas ketidaknyamanan yang disebabkan terhentinya aliran listrik sementara, dan PLN akan terus berupaya meningkatkan keandalan pasokan listrik demi pelayanan terbaik untuk masyarakat,” ucap Dartomo

Saat ini tim recovery PLN berupaya secepatnya untuk melakukan penormalan sistem kelistrikan, sehingga aktivitas masyarakat dapat kembali pulih.

“Hingga saat ini sudah progres perbaikan sudah mencapai 64% dan terus berlanjut. Petugas tentunya mempercepat proses perbaikan gangguan listrik dengan tetap mengutamakan keselamatan,” ujar Dartomo.

Masyarakat juga dapat melaporkan potensi bahaya dan gangguan kelistrikan melalui Aplikasi PLN Mobile demi kemudahan layanan kapan saja dan dimana saja. Dapat diunduh melalui Playstore atau Appstore. (Fernando Rumetor)