Terbang Perdana dari Bandara Sam Ratulangi Manado, SAM Air Layani Rute Wilayah Kepulauan hingga Gorontalo

oleh
Penerbangan perdana yang dilayani oleh maskapai SAM Air ini diresmikan langsung oleh Wakil Gubernur Sulut, Steven Kandouw. (FOTO: istimewa)

MANADO – Bandara Sam Ratulangi Manado resmikan penerbangan perdana dengan rute wilayah kepulauan di Sulawesi Utara (Sulut), yakni menghubungkan Manado-Siau Kabupaten Sitaro.

Penerbangan perdana yang dilayani oleh maskapai SAM Air ini diresmikan langsung oleh Wakil Gubernur Sulut, Steven Kandouw bersama stakeholders terkait pada Senin (19/2/2024).

Wagub Steven Kandouw mengapresiasi SAM Air yang hadir sebagai penerbangan perintis dalam upaya membangun Sulut dalam hal transportasi penghubung bandara-bandara sekitar Manado.

Penerbangan kali ini menggunakan maskapai SAM Air type DHC6 twin otter dengan nomor penerbangan PK SMH dan mengangkut penumpang sebanyak 20 orang.

“Rencananya pesawat SAM Air ini akan melalui Bandara Sam Ratulangi 3 kali dalam seminggu yaitu Senin, Selasa dan Rabu dengan melayani rute Manado-Siau kemudian dilanjutkan ke Naha, Miangas dan berakhir ke Melonguane,” ungkap General Manager Bandara Sam Ratulangi Manado, Maya Damayanti.

Adapun Rute selanjutnya ialah Manado ke Bolaang dan lanjut ke Gorontalo. “Penerbangan perdana ini dimaksudkan agar ke depan akan mendorong pertumbuhan ekonomi untuk bandara-bandara perintis di Sulut dan Gorontalo,” ucapnya.

Dikatakan Damayanti, dengan adanya pengembangan jaringan konektivitas antar pulau seperti ini juga dapat menunjang pengembangan pariwisata di masing-masing kepulauan dan daerah.

“Serta semakin mempermudah akses penerbangan bagi masyarakat untuk meningkatkan kontribusi terhadap sektor pariwisata dan perekonomian,” kuncinya. (Fernando Rumetor)