Ikuti Perkembangan, Motor Listrik Kini Jadi Materi Uji Baru di Festival Vokasi AHM

oleh
Melalui tema “Wujudkan SDM Unggul”, FVSH 2024 mengalibrasi serapan kurikulum Teknik Sepeda Motor (TSM) Astra Honda di SMK Mitra Binaan. (FOTO: istimewa)

JAKARTA – Mengikuti perkembangan industri sepeda motor, PT Astra Honda Motor (AHM) menggelar Festival Vokasi Satu Hati (FVSH) 2024 dengan salah satu materi uji terkait sepeda motor listrik. 

Sebagai kegiatan yang diproyeksikan untuk menyiapkan generasi unggul di bidang vokasi otomotif roda dua, kompetisi ini juga menguji kompetensi teknis peserta siswa dan kemampuan proses belajar mengajar guru, melalui uji teori dan praktik tentang teknologi sepeda motor Honda tekini.

Melalui tema “Wujudkan SDM Unggul”, FVSH 2024 mengalibrasi serapan kurikulum Teknik Sepeda Motor (TSM) Astra Honda di SMK Mitra Binaan. Kompetisi ini digelar secara berjenjang dari tingkat sekolah, regional hingga nasional. 

Dibuka sejak bulan September 2023, kegiatan ini diikuti secara antusias oleh 29.687 peserta didik dan 3.241 guru program pendidikan (Prodi) Teknik Sepeda Motor dari 36 provinsi di Indonesia. 

Melalui serangkaian seleksi, terpilih 40 peserta didik dan 27 guru terbaik untuk menghadapi seleksi nasional pada 20 – 22 Februari 2024 di AHM Safety Riding & Training Center, Deltamas, Jawa Barat.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, FVSH 2024 menghadirkan ujian teori dasar sepeda motor listrik Honda bagi siswa dan tenaga pengajar. Hal ini merupakan bagian dari rencana perusahaan menyelaraskan perkembangan teknologi di industri sepeda motor dengan materi yang diajarkan di SMK mitra binaan. 

Sekadar diketahui, sebelumnya mulai tahun 2022, AHM telah mulai memperkaya wawasan terkait perkembangan sepeda motor listrik kepada para guru SMK mitra binaan Astra Honda.

Para guru dan siswa juga menjalani ujian praktik mulai dari pengenalan alat dan pengukuran, serta perawatan dan perbaikan sepeda motor Honda dengan teknologi terkini. 

Selain itu, para peserta guru juga diuji kemampuannya dalam teknik mengajar dan menyampaikan materi ajar seputar teknologi sepeda motor Honda.

General Manager Corporate Communication AHM, Ahmad Muhibbuddin mengatakan Festival Vokasi Satu Hati merupakan program perusahaan dalam mengukur dan mengevaluasi hasil pengembangan keterampilan siswa dan guru di bidang vokasi. 

Kegiatan ini akan memberikan apresiasi kepada siswa dan guru dengan kompetensi keterampilan terbaik sekaligus mengumumkan SMK mitra binaan terbaik berdasarkan penilaian mandiri pihak sekolah.

”Melalui semangat Sinergi Bagi Negeri, kami terus  mendorong peningkatan kualitas pendidikan vokasi melalui implementasi Kurikulum Merdeka yang didukung sarana sekolah yang selaras dengan standar dunia industri,” ujar Muhib. 

“Motor listrik kami masukkan sebagai salah satu materi uji untuk mengetahui tingkat pemahaman guru dan siswa terhadap perkembangan teknologi motor listrik tekini,” bebernya. (Fernando Rumetor)