Lakukan Berbagai Langkah, PD Pasar Manado Pastikan Ketersediaan Stok dan Kestabilan Harga Bahan Pokok

oleh
Dirut PD Pasar Manado, Lucky Senduk (paling kanan) saat mendampingi Wamendag Jerry Sambuaga mengecek ketersediaan stok di Pasar Bersehati Manado. (FOTO: Fernando Rumetor)

MANADO – Harga bahan pokok dan ketersediaannya di Pasar-pasar yang ada di Kota Manado terus diawasi oleh PD Pasar Manado.

Direktur Utama PD Pasar Manado, Lucky Senduk menuturkan pihaknya melakukan berbagai langkah untuk memastikan kedua hal tersebut, salah satunya dengan Operasi Pasar.

“Kalau sudah ada tanda-tanda naik, kita langsung intervensi pengendalian harga dengan operasi pasar. Kita jual sesuai Harga Eceran Tertinggi (HET),” ucapnya disela-sela mendampingi Wakil Menteri Perdagangan, Jerry Sambuaga pada Minggu (25/2/2024).

Operasi Pasar saat ini diutamakan untuk beras yang menjadi makanan pokok banyak orang. “Kita lakukan operasi pasar dengan menjual beras SPHP yang harganya 54 ribu per 5 kilogram,” ungkapnya.

Adapun, beber Lucky, per harinya PD Pasar dapat menjual ratusan sak (1 sak 5 kilogram) beras SPHP kepada masyarakat.

“Yang beli mesti warga dengan membawa KTP. Dan itu pun 1 sak per hari. Kalau penjual tidak boleh membeli,” sebutnya.

Lebih lanjut dikatakannya, operasi pasar beras turut mencegah upaya para mafia yang mau memainkan harga karena beras SPHP sudah tersedia setiap hari. 

“Program ini sangat efektif dan kami mengimbau masyarakat jangan khawatir karena setiap dua hari masuk seribu sak beras dari Bulog di pasar-pasar kelolaan PD Pasar,” pungkas Lucky.

Tak hanya beras, komoditas Bawang Rica Tomat atau Barito pun menjadi perhatian penting dari pengelola pasar-pasar di Kota Manado ini.

“Saat harganya tinggi, seperti Rica (cabai rawit) beberapa waktu lalu, itu kita lakukan intervensi. Kita ambil dari luar walaupun harganya masih diatas. Ini bentuk pengendalian yang PD Pasar lakukan,” jelasnya. (Fernando Rumetor)