Dampak Abu Vulkanik Gunung Ruang, Dinkes Manado Bagikan Masker Gratis Kepada Masyarakat

oleh
Tampak pembagian masker yang dilakukan salah satu Puskesmas di Kota Manado. (FOTO: istimewa)

MANADO – Dinkes Manado bersama 16 Puskesmas di Kota Manado mulai membagikan masker secara gratis kepada masyarakat pada Selasa (30/4/2024) pagi.

Pembagian masker ini merupakan tindak lanjut dari adanya dampak abu vulkanik hasil erupsi Gunung Ruang di Kabupaten Kepulauan Sitaro yang terasa sampai ke Kota Manado

Kepala Bidang Pencegahan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kota Manado, dr Sicilia Kumaat, menyebut pembagian masker dilakukan di tempat-tempat keramaian maupun saat masyarakat berobat ke Puskesmas.

“Sampai saat ini masker yang dibagian Puskesmas masih cukup untuk masyarakat yang berobat, maupun yang dibagikan ditempat-tempat keramaian,” bebernya.

Menurut dr Sicilia, selain dari masker gratis yang dibagikan Puskesmas, masyarakat juga bisa membeli masker secara mandiri. 

“Masyarakat dihimbau untuk memakai masker saat beraktivitas di luar ruangan, karena abu vulkanik ini bisa menyebabkan gangguan pernapasan jika kita menghirupnya,” sebutnya.

“Masyarakat diharapkan memakai masker disaat-saat seperti ini sampai abu vulkanik sudah tidak terdeteksi atau sudah turun semua,” beber dr Sicilia.

Dari pantauan SINDOMANADO.COM, terlihat sudah banyak masyarakat yang memakai masker ketika menggunakan kendaraan bermotor maupun saat beraktivitas di luar ruangan. (Fernando Rumetor)