BPN Sulut Fokus Siapkan Lahan Relokasi Warga Korban Bencana Erupsi Gunung Ruang

oleh
Ketua Satgas B Pelaksana Pengadaan Tanah (P2T), Rio Mangimpis. (FOTO: istimewa)

MANADO – Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional Provinsi Sulawesi Utara (Kanwil BPN Sulut) tengah berfokus untuk menyiapkan lahan relokasi bagi korban erupsi Gunung Ruang.

Ketua Satgas B Pelaksana Pengadaan Tanah (P2T), Rio Mangimpis menuturkan bahwa para warga rencananya akan direlokasi ke Desa Modisi, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan.

“Saat ini kami sudah ada di tahapan pelaksanaan, dimana untuk luasan lahan ada sekitar 10,6 hektare,” ucap Rio saat ditemui di Kantor BPN Sulut, Jumat (7/6/2024).

Menurutnya, tim Satgas B fokus untuk pembebasan lahan 10,6 hektare yang diperuntukkan untuk pemukiman warga. Nantinya di lahan tersebut akan dibangun rumah, sekolah, hingga fasilitas publik lainnya.

“Kami terus mempersiapkan relokasi ini, terlebih sudah ada instruksi langsung dari bapak Presiden Joko Widodo dan arahan dari Menteri ATR/BPN, Agus Harimurti Yudhoyono” sebutnya.

Pihaknya pun terus berkoordinasi erat dengan Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara dan Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan yang merupakan kunci dalam menjalankan program ini.

“Kita berharap secepatnya masyarakat korban bencana bisa segera direlokasi. Mungkin sebelum akhir tahun,” tutur Rio. (Fernando Rumetor)