Gubernur Olly dan Pimpinan KPK Saling Titip Pesan

oleh -
Gubernur Olly Dondokambey dan pimpinan KPK terlihat akrab di Kantor Gubernur Sulut, kemarin. (Ist)
Gubernur Olly Dondokambey dan pimpinan KPK terlihat akrab di Kantor Gubernur Sulut, kemarin. (Ist)

MANADO- Pimpinan KPK, Basaria Panjaitan mendatangi Kantor Gubernur Sulut untuk menghadiri kegiatan Rapat Supervisi Program Pemberantasan Korupsi Terintegrasi, Rabu (21/2).

Ada yang menarik saat Basaria bertemu Gubernur Olly Dondokambey. Keduanya terlihat akrab pas pertama bertemu dan langsung mendiskusikan sejumlah hal penting. Basaria dan Olly, saling titip pesan. Basaria menyarankan gubernur untuk berinovasi dalam menggali potensi Sumber Daya Alam (SDA) yang dinilainya begitu besar dimiliki Sulut.

“Gubernur Olly harus mempunyai inovasi untuk mengembangkannya,” kata Basaria.
Selain itu, perempuan energik ini berharap gubernur dapat memantau proses tata kelola keuangan dan pengadaan barang dan jasa daerah untuk menghindari potensi korupsi. “Gubernur yang merupakan wakil Pemerintah Pusat tentunya berkewenangan melakukan pengawasan program kerja serta pengelolaan keuangan pemda,” tukasnya.

Olly pun kesempatan itu menitip pesan ke Basaria untuk disampaikan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi). Olly berpesan, kiranya gaji kepala daerah bisa dinaikkan. Alasannya, gaji yang dimiliki sekarang Rp5.800.000 yang jika ditotalkan dengan kegiatan gubernur selama satu bulan nilainya Rp85 juta. “Setiap hari banyak masyarakat datang ke rumah saya bawa proposal dan segala macam,” beber Olly. Meski begitu, politisi PDIP yang berjiwa sosial ini menuturkan, secara pribadi dirinya bisa mengatasi hal itu, karena punya kemampuan lain untuk menghidupi keluarga. “Tapi bagaimana kepala daerah lain yang hanya berharap pada gaji dan tunjangan. Tentu ini tidak akan mencukupi. Kiranya ini bisa disampaikan untuk perbaikan kehidupan eksekutif ke depan guna menghindari tindakan korupsi,” tandasnya. (rivco tololiu/cr)